Search This Blog

Thursday, July 28, 2011

Framework Pemasaran Jasa Telekomunikasi

Introduksi dan Framework Pemasaran Jasa Telekomunikasi (High Tech) 1

1. DEFINISI TEKNOLOGI
aplikasi praktis dari pengetahuan khususnya di area tertentu (misalnya, teknik)
Cara untuk mencapai suatu tugas terutama menggunakan proses teknis, metode, atau pengetahuan (misalnya, teknologi baru untuk penyimpanan informasi )
Teknologi ilmiah yang melibatkan produksi atau penggunaan perangkat yang lebih maju atau lebih canggih (seperti di komputer atau elektronik)
2. TEKNOLOGI ADA DIMANA-MANA
Contoh industri tradisional yang menggunakan “high-tech” :
a. Komputer dan teknologi informasi
b. Bioteknologi
c. Telekomunikasi
d. Internet
Contoh dari beberapa industri di mana inovasi teknologi menciptakan
perubahan radikal:
a. Pengelolaan limbah
b. Pertanian
c. Otomotif
d. Minyak dan Gas
e. Produk Konsumen
3. KELEMAHAN TEKNOLOGI YANG BERDAMPAK TERHADAP PEREKONOMIAN
a. Volatile (mudah menguap/yang berubah pendirian)
b. Bergantung pada inovasi konstan
c. Dot-com crash
d. Efek pasar saham
e. Efek global

4.DEFINISI HIGH-TECH : PRESPEKTIF PEMERINTAH

a. Mengklasifikasikan industri berdasarkan tujuan, dapat diukur berdasarkan indikator:
* Jumlah karyawan teknikal
* Biaya yang dikeluarkan untuk R dan D
* # Dari paten diajukan dalam industri
Digunakan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja, Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan, dan National Science Foundation
PEREKONOMIAN YANG BARU (THE NEW ECONOMY)
*Pergantian pengetahuan dan informasi untuk aset fisik
*Investasi besar-besaran di bidang teknologi informasi
*Peningkatan produktivitas
*Penurunan harga untuk teknologi
Pada saat yang sama, terjadi kecepatan pertumbuhan dan inflasi yang rendah


KARAKTERISTIK PASAR
di Indonesia, 130 Juta Pelanggan & Pengguna Jasa Telekomunikasi, hal tersebut membuktikan bahwa Bukan Pasar yang Homogen

Karakteristik Jasa Telekomunikasi dan Dampaknya terhadap Pengelolaan Bisnis
- Equipment Based Service:
Core Benefit ditentukan oleh keberfungsian peralatan
Argometer Revenue tergantung alat, alat rusak revenue hilang
- Memproses Properti Customer :
Kualitas lebih menekankan pada hasil akhir
Phisical evidence/ aspek tangible bukan pertimbangan utama
- Daily & Frequent Use
Pelayanan harus 24 jam, pemeliharaan harus kontinyu
Harga per unit harus layak dan terjangkau
- Lifetime Customer
Sumber pendapatan utama dari usage, bukan penjualan perdana
Relational bases, bukan transaksional
-Kompetisi & Kerjasama Berjalan Simultan
Kompetisi dalam pemasaran, Kerjasama dalam operasi
Maksimasi nilai service dipengaruhi oleh para pesaing
- Wilayah Operasi dibatasi Wilayah Negara
Persaingan terbatas dengan perusahaan domestik
Ekspansi antar negara dilakukan dengan kepemilikan saham
KECENDERUNGAN DAN TANTANGAN BISNIS JASA TELEKOMUNIKASI DI INDONESIA
1. Pembeli teknologi, bukan pengembang teknologi, tergantung dengan negara maju, industri domestiknya mati suri
2.Teknologi dan service yang siap dilempar ke pasar sangat beragam, namun cukup sulit untuk mengidentifikasi menemukan segmen pasar yang membutuhkannya.
3.Pengguna masih gaptek, tidak optimal memanfaatkan produk, perlu edukasi yang intensif
4.Low income, sensitif terhadap harga, segitiga sama kaki yang pendek, kebijakan value service harus di klop kan
5.Penetrasi pelanggan per 100 penduduk masih tertinggal negara-negara lain
6.Jumlah absolut pelanggan tinggi, range karakteristik lebar, penyebaran geografis luas, pola pengelolaan beragam, tingkat kompleksitas tinggi
7.Low trust & uncivilized society , abuse produk untuk hal-hal yang mudharat masih tinggi
8.Kepemilikan asing bebas, kepemilikan domestik dibatasi, pasar diacak-acak asing
9.Kompetensi SDM di Operator lemah, obsolete keahlian terjadi karena tidak mampu mengejar perkembangan teknologi



EVOLUSI DARI TEKNOLOGI

Evolusi dari Teknologi
*Wired Internet: IEEE802.3(LAN)→IEEE 802.11(WLAN)→B3G/IEEE802.16(WiMAX)
* Cellular: 1G (Analog)→2G(Digital)→3G(IMT-2000)→3.5G(HSDPA)
Dua Teknologi yang berkompetisi: Cellular vs. Broadband

The 8 P’s dari Pemasaran Jasa
1. Product Elements
2. Place and Time
3. Price & Other User Outlays
4. Promotion and Education
5. Processes
6. Physical Environment
7. People
8. Productivity & Quality



FAKTOR PRODUKSI

1. Labor
2. Capital
3. Sumber Informasi
5. Physical Resources
6. Kewirausahaan

Definitions of Technology: Common, Underlying Characteristics
1. Market Uncertainty -Ketidakpastian Pasar
    ambiguitas tentang jenis dan tingkat kebutuhan pelanggan yang dapat dipenuhi oleh teknologi tertentu *Ketakutan, ketidakpastian dan keraguan konsumen(Fear,Uncertainty,Doubt – FUD) *Kebutuhan pelanggan berubah dengan cepat dan tak terduga *Kecemasan Pelanggan atas kurangnya standar dan desain yang dominan *Ketidakpastian atas laju adopsi *Ketidakpastian atas / ketidakmampuan untuk memperkirakan ukuran pasar
2. Technological Uncertainty – Ketidakpastian teknologi
    tidak tahu apakah teknologi atau perusahaan dapat memenuhi janjinya *Ketidakpastian mengenai apakah inovasi baru akan berfungsi seperti yang dijanjikan *Ketidakpastian mengenai jadwal untuk pengembangan produk baru *Ambiguitas tentang apakah pemasok akan dapat memperbaiki masalah/keluhan pelanggan dengan teknologi yang ditawarkan *Kekhawatiran tak terduga / konsekuensi yang tidak diinginkan *Kekhawatiran akan keusangan/ke-kuno-an suatu produk
3. Competitive Volatility – Kompetitif Volatilitas
perubahan pada pesaing, penawaran, strategi-strategi
*Ketidakpastian mengenai siapa yang akan menjadi pesaing di masa depan
*Ketidakpastian atas “aturan permainan” (yaitu, strategi dan taktik kompetitif)
*Ketidakpastian atas “bentuk produk” yang kompetitif (persaingan antara kelas-kelas produk vs antara berbagai merek dari produk yang sama)
*Implikasi: kehancuran yand kreatif
4. Karakteristik lain yang umum untuk pasar dalam High-Tech :
    a) “Unit-satu” biaya adalah ketika biaya produksi unit pertama relatif sangat tinggi dengan biaya re-produksi Ex: pengembangan vs re-produksi perangkat lunakb) Sisi permintaan meningkat: Ketika nilai produk meningkat ketika lebih banyak orang yang bisa menggunakannya. *Juga disebut “eksternalitas jaringan – network externalities“dan efek bandwagon Ex: portal di Internet Implikasi: dapat memberikan produk secara gratis c) Masalah dalam kemampuan berdagang (trade ability) akan timbul, karena sulit untuk memberi pemahaman dan bagaimana bentuk dasar dari underlying technology (teknologi yang mendasari) Ex: Berapa banyak biaya untuk lisensi hak untuk a waste-eating microbe? d) Pengetahuan yang berlebihan (Knowledge spillover): Tipe lain dari eksternalitas yang muncul dari fakta bahwa perkembangan teknologi dalam satu domain memacu perkembangan dan inovasi-inovasi baru di bidang lain. Ex: Proyek Genom Manusia

PASAR HIGH-TECH

- Pemasaran (marketing) adalah “Menempatkan di Pasar” (”Putting on the Market”)
- Tujuan Pemasaran
    Dalam bertindak sebuah perusahaan menempatkan suatu produk yang sesuai dengan permintaan dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan di pasar (dapat diterima oleh pelanggan)
- Tugas utama pemasaran
    Menentukan kebutuhan dan keinginan pasar dengan tepat dan menguntungkan dalam pembuatan suatu produk atau jasa yang diinginkan menjadi lebih efisien daripada pesaing
Definisi Pemasaran (AMA)
    Proses perencanaan, dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi

ORIENTASI PRODUK UNTUK ORIENTASI PEMASARAN

*Orientasi produk : berkualitas baik dengan kinerja yang baik juga
*Orientasi produksi : produk yang dapat diterima ini tersedia dengan harga yang pantas
*Penjualan Orientasi: (supaya pelanggan untuk melakukan pembelian) merangsang minat pelanggan untuk membeli suatu produk (melalui penurunan harga, promosi penjualan dll)
*Orientasi pemasaran: dapat merespon terhadap kebutuhan dan motivasi pelanggan (dapat mengetahui dan memuaskan kebutuhan pelanggan)
SEKTOR DALAM HIGH-TECH
Bidang Hi-Tech:
*Bioteknologi : mikrobiologi, rekayasa genetika
*Sektor Material: material untuk Aeronautics (atau “navigation, seamanship”, i.e. “navigation of the air”) dan bahan-bahan untuk industri otomotif
*Pemrosesan informasi : komputer, elektronik, komunikasi dan informasi
*Sektor Energi : pengolahan nuklir , pengobatan uranium
RANGKAIAN INOVASI



PRESPEKTIF SUPPLY CHAIN TERHADAP TEKNOLOGI

*Sering kali, dalam rantai suplai, inovasi teknologi terjadi di tingkat upstream (yaitu, pemasok atau supplier)
*Inovasi-inovasi tersebut secara radikal dapat mempengaruhi proses manufaktur atau the inner workings dalam suatu produk, tetapi
*Perilaku end user(pengguna akhir) tidak akan terpengaruh secara signifikan
*Contoh: mobil, makanan, komputer, hair styling, Internet



1 comment: