Search This Blog

Thursday, December 1, 2011

Penilaian orang

Message body

Apa pun penilaian orang, bahkan jika sangat negatif sekali pun, janganlah membuat Anda berkecil hati.
be well,
Dwika



Dalam pergaulan, kita pasti pernah dikomentari atau dinilai oleh orang lain. Kalau penilaiannya positif tentu kita akan gembira. Namun, kadang komentar yang kita dengar tidak sesuai dengan harapan. Orang cenderung ingin dipuji. Apa daya, orang lainlah yang menilai. Tapi, apa pun penilaian itu, bahkan jika sangat negatif sekali pun, haruskah membuat kita berkecil hati?
Beruntung, saya tak pernah mengalami hal seperti itu –dinilai negatif oleh orang lain. Tapi, ada satu kejadian yang setiap kali mengingatnya, membuat saya tersenyum. Saya tidak tahu apakah ini bisa disebut lucu. Tapi, ceritanya begini. Pada suatu hari di tahun 1995, saya ditelepon oleh seseorang dari perusahaan headhunter. Dia menawari saya untuk menjadi dirut sebuah perusahaan di luar negeri. Karena tertarik, saya pun datang menemuinya. Setelah interview dan lain-lain, di headhunter pun yakin untuk mempertemukan saya dengan perusahaan yang sedang mencari dirut itu.
Namun, oleh pimpinan perusahaan tersebut, saya ditawari posisi direktur marketing, dan bukan untuk perusahaan di luar negeri seperti dijanjikan si headhunter melainkan di Indonesia. Saya pun bertanya, “Lho, katanya mau dijadikan dirut?” begitulah kira-kira intinya. Apa jawab pemimpin perusahaan itu? Kata dia, ada hal-hal tertentu yang tidak saya punyai untuk menduduki jabatan dirut. Apakah itu? Dia bilang, untuk menjadi dirut, badannya harus tinggi besar sehingga bisa tampil meyakinkan. Sesuatu yang memang tidak saya punyai.

No comments:

Post a Comment