Search This Blog

Thursday, July 28, 2011

Business Model Framework

Business Model Framework

 
Mr ApiQ, ternyata masih ada 1 tugas lagi yang harus ditulis yaaa. Kali ini mengenai Business Model Framework dari Social Networking seperti tv, telephone seluler, dll.
Pertama – tama akan lebih baik jika kita bisa mengerti bagaimana menggunakan business framework itu sendiri:

Pada bagian kiri dari bagan (kuning) adalah bagian yang merepresentasikan Supply. Dan pada bagian kanan (biru) merupakan bagian Demand. Masing – masing perusahaan memiliki tingkatan yang berbeda pada setiap komponen yang ada dalam business model ini. Biasanya,sebuah perusahaan hanya bisa mengkonsentrasikan dan menjadi ahli di satu (atau dua) bidang saja dalam komponen yang terdapat dalam business model ini.
Nah, sebagai contoh berikut ini adalah Business Model Framework untuk perusahaan provider telephone:
Sebuah perusahaan yang baik harus memiliki revenue yang lebih besar dari pada cost perusahaan itu sendiri. Dengan membuat business model framework seperti ini, akan memudahkan perusahaan untuk mengembangkan usahanya. Jadi, ayo mulai membuat business framework! :D

Spiritual Creativity

haaayyyy, tidak terasa sudah mau UAS aja yaaaa. Pak ApiQ sudah menugaskan kamiuntuk menulis tentang Spiritual Creativity. Sebenarnya saya juga rada tidak mengerti tentang apa itu yang dimaksud dengan spiritual creativity. Lalu saya mulai membaca blog Pak ApiQ. Disana ada beberapa tulisan yang dapat kami jadikan rujukan untuk menyelesaikan tugas untuk UAS kali ini. Nah, mari kita mulai.
Pada blog Pak ApiQ yang berjudul “Proses Kretaif Inovatif Dangan Kecerdasan Spiritual” disebutkan bahwa garis besar prose kreatif dan inovatif adalah sebagai berikut:
1. Pribadi yang memiliki kekuatan. Tahap awal terjadinya proses kreatif dan inovatif mensyaratkan adanya orang, pribadi, yang yakin bahwa dirinya memiliki kekuatan.
2. Menjadi besar. Kesadaran bahwa seseorang dapat tumbuh menjadi besar melampaui batasan-batasan yang mengurung.
3. Generator ide. Ide adalah bahan mentah untuk kreativitas dan inovasi. Ide adalah gratis dan mudah bila kita tahu cara menelurkannya.
4. Realisasi nyata. Dalam berbagai bentuk yang beragam ide harus menjadi realitas yang memberi dampak nyata kepada semesta.
5. Karya yang cantik. Untuk mencapai misinya, kreativitas dan inovasi harus menampilkan dirinya sebagai sosok yang cantik. Tidak cukup hanya memenuhi fungsi-fungsi pokok, kreativitas dan inovasi perlu mengekspresikan keindahan dan cita rasa seni budaya.
6. Toleransi. Kreativitas dan inovasi memunculkan banyak perbedaan. Dari sini, rasa hormat dan toleransi ke berbagai pihak menjadi sangat penting.
7. Menuju nomor satu. Secara alamiah, kreativitas dan inovasi akan mendorong dirinya untuk menjadi nomor satu di bidangnya.
8. Kontribusi. Dari awal sampai akhir, tujuan kreativitas dan inovasi adalah untuk berkontribusi kepada semesta.
9. Menjadi andalan. Secara bertahap masyarakat akan mengandalkan diri kepada kreativitas dan inovasi.
10. Fasilitator. Pada gilirannya, sebuah kreativitas dan inovasi akan menjadi fasilitator dan pemicu lahirnya kreativitas dan inovasi baru.
11. Disiplin keilmuan. Awalnya, kreativitas dan inovasi lahir dari intuisi-intuisi sesaat. Pada akhirnya, setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun, kreativitas dan inovasi harus dapat dipertanggunjawabkan secara keilmuan
Kurang lebih saya setuju dengan pendapat Pak ApiQ disini. Dimulai dengan poin pertama yang menyatakan bahwa terjadinya proses kreatif dan inovatif dimulai dari pribadi yang memiliki kekuatan. Yap, menurut saya ide kreatif dapat kita munculkan dari dalam diri kita sendiri, asalkan kita memiliki kemauan dan kekuatan untuk memunculkan ide tersebut ke permukaan (memaparkan ide tersebut).
Setelah kita dapat memunculkan ide tersebut, kreatifitas itu akan menjadi besar dengan sendirinya sesuai dengan point kedua. Ide yang tadinya hanya kita pendam, akan berkembang setelah kita membaginya dengan orang lain.
Kemudian, setelah memaparkan ide tersebut dapat berubah menjadi sebuah kreatifitas dan inovasi yang tanpa kita sadari merupakan sebuah awal yang besar dan dapat mendatangkan perubahan yang besar pula.
Kita tidak akan berhenti sampai disana saja. Setelah memiliki ide, maka kita harus bergerak dan berusaha merealisasikan ide tersebut. Berhasil atau tidaknya ide tersebut bukan merupakan sebuah masalh. Yang terpenting adalah berusaha dan mencobanya terlebih dahulu. Sebuah gagasan akan menjadi jawaban jika kita berhasil mencobanya. Namun sebuah gagasan akan tetap menjadi gagasan bila kita tidak berani bergerak untuk merealisasikannya.
Memiliki ide yang bagus itu briliant. Tetapi ide tersebut tidak cukup hanya memenuhi fungsinya. Kita dapat menambahkan point – point di beberapa sisi dari gagasan kita tersebut untuk mempercantiknya, sehingga dapat menjadi sebuah gagasan yang menarik dan disukai oleh semua orang :)
Namun tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama dengan apa yang kita miliki. Itulah yang disebut dengan perbedaan. Perbedaan diciptakan bukan tanpa solusi. Solusi dari perbedaan tersebut adalah toleransi. Dengan adanya toleransi maka kita dapat memahami dan memaklumi pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita. Kita tidak harus memahami semua ide, toleransi adalah sebuah ruang dimana kita dapat menerima apa yang orang lain pikiran tanpa harus setuju dengan pendapat mereka. Dari situ, rasa saling menghormati dapat muncul.
Selanjutnya adalah keinginan untuk menjadikan ide kita menjadi yang nomor satu. Sangat wajar jika kita selalu ingin menjadi yang terbaik. Oleh sebab itu, perasaan inilah yang terus mendorong diri kita untuk memberikan yang terbaik dari apa yang kita miliki. Namun kita perlu ingat bahwa semua ide kreatifitas dan inovasi yang ingin kita berikan berlandaskan oleh keinginan kita untuk berkontribusi secara maksimal untuk alam semesta.
Jika kita telah dapat membuktikan kualitas diri yang kita miliki, maka dengan sendirinya lingkungan kita akan mengandalkan kita dan kepercayaan akan kita dapatkan. Sehingga akhirnya apa yang kita lakukan dapat memicu kretifitas dan ide – ide positif bagi orang – orang di sekitar kita. Alangkah mulianya jika kita dapat memberikan pengaruh baik bagi orang lain.
Pada akhirnya, kreativitas dan inovasi yang telah dilahirkan harus dapat dipertanggunjawabkan secara keilmuan. Oleh sebab itu, kita harus bertanggung jawab akan semua yang telah kita lakukan sehingga kita tidak bisa berlaku sembarangan.  Ide yang bagus adalah ide yang dapat dipertanggung jawabkan, dan itulah apa yang dibutuhkan oleh dunia ini :D
Oleh sebab itu saya setuju engan Pak ApiQ, bahwa kreatifitas itu muncul dari dalam diri kita. Secara alami yang menghasilkan Spiritual Creativity.

SCAMPER method for Google Goggles

Hallo, ini adalah tugas selanjutnya setelah minggu UTS kemarin. Kali ini pak ApiQ meminta kami untuk menjelaskan tentang metode SCAMPER. Sebelumnya Saya ingin menjelaskan tentang apa itu SCAMPER Method. SCAMPER Method adalah sebuah metode yang dapat digunakan untuk mengembangan sebuah ide biasa menjadi luar biasa. Cukup dengan melihat ide kita dari beberapa cara, maka ide yang tadinya hanya sederhana dapat menjadi berkembang dan lebih inovatif. Caranya cukup mudah, hanya dengan menerapkan beberapa action ini kedalam ide yang kita miliki. Sesuai dengan namanya, ada beberapa action yang harus diperhatikan jika ingin menggunakan SCAMPER Method ini, yaitu:
  • Substitute
  • Combine
  • Adapt
  • Modify, Minify, Magnify
  • Put to other use
  • Eliminate
  • Reverse/Rearrange
Dengan memperhatikan beberapa action tersebut, maka kita siap mengubah sebuah ide menjadi beribu – ribu macam ide lainnya! :D
Salah satu contoh penggunaan metode SCAMPER dapat diterapkan pada Google Goggles.
Google Goggles adalah sebuah inovasi baru dari google yang merupakan sebuah search engine namun tidak menggunakan tulisan, melainkan menggunakan gambar untuk mendeteksinya. Berikut yang dapat dilakukan Google Goggles melalui metode SCAMPER:
SUBSTITUE your ideas
Google mengganti tulisan menjadi gambar untuk mencari keterangan mengenai suatu hal. Search engine yang digunakan tidak lagi berupa key word, tetapi key picture :D
COMBINE your ideas
kita dapat menggabungkan ide search engine dari google ini dengan sistem pencarian dan identifikasi wajah milik CIA atau FBI. Sehingga nantinya google goggles dapat mengidentifikasi wajah dan riwayat hidup seseorang sehingga bisa program seperti itu tidak hanya dapat digunakan oleh kepolisian, tetapi juga oleh masyarakat biasa
Adapt your ideas
Untuk adapt, kita dapat mengadaptasi ide – ide dari pengguna google goggles itu sendiri untuk mengubah layout atau tambahan fitur – fitur dari google goggles agar terlihat lebih menarik dan inovatif
Modify
Kita dapat memodifikasi inovasi dari google goggles ini, contohnya adalah dengan menambahkan sensor suara. Jadi nantinya google goggles tidak hanya dapat mendeteksi gambar, tetapi juga bisa mendeteksi suara dan menampilkan hasil dari search engine untuk suara tersebut

Put to other use
Karena kecanggihan yang dimiliki oleh google goggles ini, maka program ini dapat digunakan sebagai pelacak oleh kepolisian selain sebagai search engine biasa. Google Goggles juga dapat digunakan sebagai sarana advertising nomor 1 di dunia karena keakuratan dari penyajian hasil yang diberikan
Eliminate
Dalam penggunga fitur google goggles ini, kita dapat me-eliminasi beberapa hasil – hasil pencarian yang tidak sesuai dengan apa yang kita cari. Karena keakuratan dari gambar yang diberikan, maka hasil yang akan muncul hanyalah yang terkait dengan pencarian apa yang kita maksud


Reverse/Rearrange
Dengan fitur – fitur yang dimiliki oleh google goggles, maka dapat merubah sesuatu yang ribet dan menyusahkan menjadi mudah dan cepat :)
Kira – kira seperti itu contoh pengembangan ide yang dapat dilakukan melaui metode SCAMPER. Selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat untuk menghasilkan inovasi – inovasi berikutnya :D


Open Inovation and Open Business Model

Open Innovation adalah sebuah paradigma yang menyatakan bahwa sebuah perusahaan harus dapat menerima ide – ide dari external perusahaan sebagaimana mereka dapat menerima ide – ide dari internal perusahaan itu sendiri. Berbeda dari paradigma close innovation yang mengatakan bahwa perusahaan yang berhasil adalah perusahaan yang memegang control sepenuhnya terhadap perusahaan tersebut.
Namun jika kita menjalankan paradigm open innovation dalam perusahaan kita, inovasi dapat ditransfer dengan mudahnya dari dalam maupun luar perusahaan. Karena pada kenyataannya dalam era yang berkembang saat ini, sebuah perusahaan tidak dapat menutup dirinya untuk hanya menerima knowledge dari internal perusahaan. Jika perusahaan tersebut mau berkembang, maka perusahaan tersebut harus dapat menerima ide dari luar perusahaan dan bahkan harus dapat belajar dari perusahan saingannya.
Salah satu perusahaan yang sudah menerapkan open innovation dalam perusahaannya adalah L’Oreal. L’Oreral banyak mengadakan brandstorm project ataupun acara – acara semacam L’Oreal goes to campus. Acara – acara tersebut kurang lebih bertujuan untuk mengumpulkan ide –ide kreatif dari mahasiswa – mahasiwa yang berpartisipasi untuk dapat mengembangkan produk – produk yang dikeluarkan oleh L’Oreal. Hasil dari brandstorm tersebut nantinya akan dipertimbangkan untuk diterapkan pada produk – produk L’Oreal tersebut.

Menurut saya, acara semacam itu sangatlah kreatif. Karena acara seperti itu dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Untuk mahasiswanya, mereka dapat menjadikan acara tersebutsebagai ajang “pamer” bakat dan kemampuan mereka. Jika memang mereka kompeten maka nantinya masyarakat luas akan dengan mudah menerima ide – ide kreatif mereka. Sedangkan untuk perusahaannya sendiri, mereka sangat diuntungkan dengan masuknya ide- ide fresh dari external perusahaan yang akan sangat bermanfaat bagi pengembangan produk mereka.

Oleh sebab itu, menurut saya dengan melakukan open innovation ada lebih banyak keuntungan yang bias kita dapatkan. Namun akan lebih baik jika kita dapat mengkombinasikan kedua paradigm tersebut (baik open maupun close innovation). Jika dibarengi dengan control yang baik dari internal perusahaan maka resiko yang akan ditimbulkan oleh paradigm open inovasion akan makin berkurang. Tidak ada salahnya kan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk membantu kita mengembangkan kreatifitas yang kita miliki?

Sedangkan pengertian open business model adalah sebuah konsep menjalankan bisnis secara transparan dengan cara menginteregrasikan seluruh anggota yang terlibat dalam ekosistem dari bisnis tersebut. Struktur dari open business model ini membuat kontributor dan non kontributor dari bisnis tersebut mendapatkan keuntungan yang sesuai dari bisnis itu.
Menurut wikipedia yang dimaksud dengan open business model mencakup :
  • Open learning/sharing — a fundamental tenet is open collaboration at all levels in all locations
  • Open participation — open invitation to join the organization (similar to SourceForge, Blender community, where individual/team input within the community framework [for special services, consulting, training, adaptions, courses, camps, symposiums, books] can help to build individual income)
  • Individual rights — each person is supported and encouraged to identify and optimise their personal development, i.e. technical, personal, spiritual, etc.
  • Community focus — productivity activities are seen as part of a range of normal human activities e.g. family life, community life, religious commitments, etc.
  • Institution free — the organization is not based on any existing institution – state, religious or otherwise. Members can hold whatever views or affiliations they like.
  • Open knowledge — the free exchange of knowledge by making use -as much as possible- of open standards, open source and open content principles.
  • Open member details — including open access to the contact details of all other members in a convenient form (i.e. once the range and depth of those details have been approved for release by that particular member)
  • Open financials — all accounting information including the compensation of others
Perusahaan yang terlalu berhati – hati dan tidak berani mengambil resiko untuk menerima ide dari luar perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk melakukan inovasi bisnis yang penting, karena sharing ide bisnis dapat sangat menguntungkan. Karena konsep open business model dapat memupuk kerjasama antara customer dan supplier yang dapat menguntungkan semua pihak.
Semakin sebuah perusahaan mempelajari tentang open business model maka mereka akan semakin menyadari betapa banyaknya mereka harus mengubah aktifitas inovasi mereka untuk mendapatkan keuntungan lebih dari paradigma tersebut. Inovasi yang dimaksud bukan sekedar mencari teknologi baru, tetapi jika perusahaan tersebut mau berkembang maka mereka harus beradaptasi pada model bisnis yang membuat mereka lebih terbuka untuk menerima ide dari external perusahaan yang akan membukakan jalan mereka menuju pasar.
Menurut pendapat saya, open business model disini dapat diartikan seperti IPO (Initial Public Offering) sebuah perusahaan. IPO yang dimaksud disini adalah membuat perusahaan itu go public menjadi sebuah perusahaan terbuka. Keuntungan dari melakukan IPO adalah perusahaan tersebut mendapatkan tambahan modal dari publik untuk modal kerja perusahaan tersebut. Oleh sebab itu perusahaan tersebut harus mendaftarkan diri ke BAPEPAM-LK terlebih dahulu sebelum melakukan offering ke public. Setelah disetujui, maka perusahaan tersebut wajib memberikan laporan keuangan mereka setiap kuartal dan memberitakan aksi – aksi korporasi apa saja yang akan mereka lakukan. Hal tersebut wajib dilakukan karena sebagian saham perusahaan tersebut setelah go public menjadi milik umum. Dengan melakukan IPO menjadikan perusahaan tersebut lebih terbuka dan transparan terhadaap publik. Hal tersebut dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan terrsebut. Cukup menguntungkan bukan?

The Most Important Innovation

Hay, pada pembahasan kali ini saya akan memberikan pendapat saya mengenai inovasi yang paling penting yang terjadi dalam kehidupan saya.
Sebenarnya ada banyak sekali inovasi yang terjadi disekitar kita. Mulai dari handphone, mesin photo copy, camera, dll. Namun, inovasi yang paling penting pada era kehidupan kita sekarang menurut saya adalah Internet. Dengan adanya internet kehidupan sehari – hari kita menjadi sangat terbantu sekali. Bukan hanya mempermudah komunikasi, tapi dengan kehadiran internet saat ini sangatlah berpengaruh dalam pengembangan perekonomian Negara.
Coba bayangkan jika dalam era globalisasi ini tidak disertai dengan perkembangan teknologi informasi (internet). Betapa sulitnya sebuah perusahaan yang memiliki cabang di banyak negara atau bahkan kota untuk mentransfer data yang mereka miliki. Akan sangat membuang – buang waktu jika setiap kali ingin mengirimkan dokumen harus menggunakan trafel, paket atau pos. Namun berkata adanya pengembangan internet maka sebuah dokumen dapat dikirim melalui e-mailyang dapat langsung sampai ke alamat yang dituju.
Sedangkan dalam perekonomian, perkembangan internet ssangat membantu dalam terciptanya lapangan pekerjaan baru. Seperti online shopping, advertisment online, dll. Bahkan karena perkembangaan teknologi internet, para pemain pasar modal (saham) dapat bertaransaksi dengan bebas dari rumah atau tempat manapun asalkan ada koneksi internet.








Makin lama internet makin menjadikebutuhan sehari – hari. Tanpa ada internet google pun tidak akan ada. Sekarang dengan mudahnya kita dapat mengakses informasi melalui search engine semacam google. Bayangkan betapa sulitnya kita mendapatkan referensi atau informasi tanpa hal tersebut.

Namun tidak hanya berhenti sampai disitu. Semakin banyak inovasi yang dilakukan maka diharapkan semakin dapat dimudahkan juga kehidupan kita. Oleh sebab itu kita tetap terus harus memiliki ide kreatif untuk mengembangkannya. Banyak ilmuan – ilmuan yang sedang melakukan percobaan untuk melebarkan jangkauan wi – fi. Bisa jadi nanti router yang mereka buat dapat mencakup seluruh kota atau bahkan seluruh negara. Sehingga pada akhirnya kita dapat menikmati internet tanpa batas dan tanpa cost :D

Creative

hallo, pada tugas CI kali ini kami diminta untuk menulis pendapat tentang negara yang menurut kami paling kreatif dan company yang palig kreatif. Menarik sekali ya tugas dari pak apiQ !
Dimulai dari negara yang paling kreatif. Menurut saya, negara yang paling kreatif di seluruh dunia ini adalah INDONESIA :) :) :)

Kenapa Indonesia? Karena menurut saya dari sekian banyak negara di dunia ini, Indonesia selalu memiliki ide – ide kreatif dalam menghadapi permasalahan yang dihadapinya. Contohnya saja dari banyaknya jumlah penduduk di Indonesia yang menyebabkan banyaknya warga yang tidak memiliki tempat tingga. Masyarakat Indonesia memiliki ide kreatif untuk mengatasi itu. Dengan biaya yang seminimal mungkin mereka masih tetap dapat memiliki tempat tinggal loh.

Sangat kreatif buka? Bisa menggunakan bahan apa saja untuk menjadi tempat tinggal. Selain itu mereka juga bisa memanfaatkan segala tempat untuk dimanfaatkan menjadi lahan bagi tempat tinggal mereka :D
Bukan hanya itu, rakyat Indonesia juga sangat kreatif dalam memanfaatkan sarana prasana transportasi yang tersedia di Indonesia loh.
Tidak seperti negara – negara lain yang harus memiliki banyak armada kereta api untuk mengangkut warganya, Indonesia hanya cukup memerlukan 1 kereta api untuk mengangkut beratus – ratus orang.
Sekian beberapa contoh yang sudah cukup mewakilkan alasan mengapa Indonesia dapat dikategorikan menjadi negara yang paling kreatif. Ohiya alasan yang paling penting kenapa menurut saya Indonesia adalah negara yang paling kreatif adalah, karena betapapun sulitnya rakyat Indonesia memikirkan cara – cara kreatif untuk dapat bertahan hidup, tetapi rakyat Indonesia selaluuuuuuuuuuuuuuuuu………………………..tersenyum :)

Sedangkan untuk perusahaan paling kreatif menurut saya adalah Blackberry. Walaupun sebenarnya produk Blackberry sudah cukup lama lahir di Canada namun produk Blackberry di Indonesia masih dapat dikategorikan baru disini.

Blackberry dengan fitur BBMnya yang dapat memudahkan komunikasi bagi sesama pengguna Blakberry, adalah sebuah terobosan jenius untuk mengikis keterbatasan komunikasi bagi orang – orang yang terpisahkan jarak dan waktu. Dengan menggunakan fitur BBM ini, para pengguna Blakberry dapat berkomunikasi secara “gratis” dengan waktu yang “tak terbatas” dimanapun dan kapanpun. Apalagi ditambah dengan fasilitas pengiriman voice note dan gambar dalam aplikasi BBM tersebut. Makin membuat jarak jauh bukan masalah. Seperti layaknya saling mengirim SMS atau chatting tapi dalam aplikasi ini tidak terdapat lack time yang cukup berarti. Dan yang pasti tidak perlu sign in sepanjang hari karena aplikasi BBM ini tidak membutuhkan log in atau sign up terlebih dahulu. Pasti dapat sangat membantu bagi pasangan yang menjalani Long Distance Relationship :p

Nah, selamat  menikmati produk – produk kreatif tersebut yaa! Tapi jangan lupa untuk tetap memiliki ide – ide kreatif agar dapat meng-inovasi ide – ide yang sudah ada :)

No comments:

Post a Comment