Search This Blog

Sunday, July 17, 2011

Penghasilan Dolar tidak gampang

Tanamkan dalam pikiran bahwa penghasilan dolar itu dan bisa ditabungkan untuk persiapan masa depan. Ingat bahwa Penghasilan Dolar tidak gampang didapat. Ingat kata saya: Mengeluarkan Uang 5x Lebih Mudah daripada Mendapatkannya.
be well,
Dwika




SAFIR SENDUK “PENGHASILAN MUSISI”

Posted by aldosianturi on March 2, 2011
Musik penuh keceriaan dan kebahagiaan. Semakin lama kita menguasai bidang ini, maka semakin banyak pula teman dan peluang kita untuk mendapatkan rezeki. Namun sambil menjalani kegembiraan itu banyak orang yang tidak ingat akan diri dan perencanaan keuangan untuk masa depan. Akhirnya kebablasan dan berujung kepada kehampaan investasi atau tabungan. Menjadi musisi jaman sekarang bukan berarti mengulang-ulang kesalahan sebagian besar musisi jaman dulu yang tidak peduli terhadap dirinya. Kini, semua harus lebih piawai mengelola pendapatan meski berapapun yang diterima.
Saya sangat peduli dengan Musisi. Bukan sebatas sepak terjang beralbum atau rekaman saja tapi bagaimana Musisi bisa menjalani kehidupan di dunia secara nyaman sampai masa tua nanti. Inilah bentuk sharing informasi di Blog Indiepreneur ini, dimana setiap orang bisa memetik manfaat positif untuk realita yang dipilih. Silakan dibaca dan dipikirkan matang-matang apa yang disampaikan sahabat saya Mas Safir Senduk yatu seorang Pakar Perencanaan Keuangan di Indonesia melalui Interweb kali ini. Follow beliau langsung di Twitter dengan ID @SafirSenduk dan berkoneksilah.
1. Mas Safir Senduk, thanks for your time and please tell us a little bit about yourself and your business?  Nama saya Safir Senduk, lahir 19 Des 73. Profesi saya Perencana Keuangan yaitu seseorang yang bertugas membuat saran Rencana Keuangan bagi klien dalam mencapai Tujuan-tujuan Keuangannya. Pada tahun 1998, saya mendirikan Safir Senduk & Rekan, sebuah Biro Perencanaan Keuangan yang tugasnya membantu klien (Perorangan & Keluarga) dalam mencapai Tujuan-tujuan Keuangan seperti:
Tujuan2 Jk Pendek (spt. bagaimana mengelola penghasilan, membayar pengeluaran-pengeluaran agar efektif, dsb)
Tujuan2 Jk Menengah (spt. bagaimana membeli Kendaraan & Rumah dalam 1-5 tahun ke depan)
Tujuan2 Jk Panjang (spt. bagaimana Mempersiapkan Pensiun dan Uang Sekolah Anak dalam Jk Panjang)
Dalam perkembangannya, kantor Safir Senduk & Rekan sekarang memiliki 3 Konsultan Perencana Keuangan (termasuk saya), dan aktifitasnya ada 3:
Memberikan Konsultasi kepada Klien (perorangan & keluarga),
Memiliki Rubrik berupa Tulisan maupun Suara di Sejumlah Media Massa Umum & Internal Perusahaan tentang Perencanaan Keuangan,
Memberikan Seminar & Pelatihan kepada Umum maupun Internal Perusahaan, dengan topik perencanaan keuangan. Contoh: “Bagaimana Karyawan bisa Mengelola Gaji agar Sejahtera.
Secara pribadi, saat ini saya telah menulis 10 buku tentang Perencanaan Keuangan, yg saya tulis dalam rentang waktu 1999 s/d 2009 lalu. Semua diterbitkan oleh Penerbit PT Elex Media Komputindo.
2. Bagaimana kiat merencanakan keuangan yang efektif untuk para pekerja kreatif di bidang musik? Realitanya pemasukan yang diterima adalah tidak tetap atau per proyek bukan seperti pegawai perusahaan yang menerima gaji bulanan?  Gampang!
Menabunglah setiap kali dapat Penghasilan. Kalau Karyawan mendapatkan Penghasilan 1x /bln setiap tgl 1 misalnya, maka sebaiknya dia langsung menabung setiap kali dia dapat gaji. Nah, kalau Musisi, dimana penghasilannya per project, misalnya setiapkali mencipta lagu terus membantu musisi rekaman sampai lagu itu bener2 jadi, terus dia langsung dapat honor Rp 10 jt misalnya (mohon koreksi kalau angkanya kerendahan atau ketinggian), maka sebaiknya langsung tabungkan sebagian dari Honor tersebut. Minimal 10%, kalau bisa Lebih ya lebih bagus.
Miliki Asuransi Kesehatan. Banyak Musisi yang tidak memiliki Jaminan Kesehatan kalau dia sakit. Gak masalah, dengan mengambil Asuransi Kesehatan, maka dia bisa merasa aman kalau terkena Risiko Sakit.
Kalau dia sudah punya Tanggungan seperti Keluarga, miliki juga Asuransi Jiwa. Jangan sampai kalau dia meninggal dunia, keluarganya terlantar. Kasian kan?
Punya Dana Cadangan. Ini penting karena ada beberapa musisi yang dapat duitnya gak tiap bulan, tapi kosong dulu 1-2 bulan, baru dapat duit lagi. Disini, Dana Cadangan bisa membantu dia menghidupi diri dan keluarganya selama Penghasilannya lagi Absen.
3. Ketika kebutuhan mendesak, sedangkan income belum pasti, apakah musisi memerlukan Kartu Kredit?Apakah cara kredit membantu atau justru memberatkan? Apa kiat yang baik dalam menggunakan layanan kartu kredit ini?
Kredit bisa sangat membantu bagi mereka yang penghasilannya tidak tetap. Dengan penghasilan tidak tetap, punya Kartu Kredit bisa membantu. Asalkan inget, pakai Kartu Kredit itu hanya untuk pengeluaran bulanan saja (Wajib+Butuh), bukan untuk membeli hal-hal yang sekedar kepengen (Ingin).
4. Bagaimana cara menabung yang baik di saat musisi punya kebiasaan menombok uang yang mau tidak mau harus dipinjam lebih dulu untuk kebutuhan transportasi atau penampilan?
Cara Menabung yang baik: Menabunglah di depan, di awal begitu Honor di dapat. Jangan dibelakang setelah uangnya dipakai belanja. Nanti uangnya habis terus jadinya gak ada yang bisa ditabung.
Jangan tabungkan ke Produk Investasi yg Uangnya gampang diambil, tapi tabungkan ke Produk Investasi kayak Tabungan Berjangka, atau Reksa Dana.
5. Apakah penting bagi musisi untuk memiliki Asuransi? Bentuk asuransi apakah yang baik diinvestasikan oleh musisi yang masih berstatus lajang dan yang sudah menikah dengan memiliki anak?
Penting. Sudah dijawab di tips 2 dan 3 di Pertanyaan Nomor 1 tadi. Buat yg Masih Lajang: Asuransi Kesehatan. Buat yang sudah berkeluarga: Asuransi Kesehatan + Asuransi Jiwa.
6. Investasi semacam apa yg sesuai untuk orang musik dimana income yang belum stabil? Apakah musisi bisa mencicil tempat tinggal? Apakah harus membeli emas batangan? Apakah masukan yang paling masuk akal agar hari tua musisi bisa nyaman?
Investasi yg cocok untuk Orang Musik yg Penghasilannya belum stabil adalah investasi yang Tidak Mudah Dijual, tapi juga Tidak Sulit Sekali untuk Dicairkan. Deposito masih oke, karena dia bisa diambil yg Jk Waktu 1 Bulan. Reksa Dana juga oke, karena 4 hari kerja juga udah bisa dicairkan.
Beli Emas Batangan boleh, tapi pastikan kita punya Deposito & Reksa Dana dulu. Ini karena Emas Batangan kan bukan Investasi yg Likuid Sekali. Untuk Persiapan Hari Tua, coba pertimbangkan untuk menabung buat beli Rumah, yg ujung2nya nanti disewakan/dikontrakkan. Hidup dari Rumah diKontrakkan atau diKos2an kan sangat cocok untuk Hari Tua Musisi. Asal jangan dari 1 rumah, tapi beberapa rumah. Makanya cari project yg banyak biar bisa beli rumah.
7. Bila beruntung memiliki pendapatan besar dari penjualan album, ringbacktone, iklan dan lain2, seperti apakah keputusan musisi untuk menginventasikan uangnya ke inventaris produksi seperti alat musik/ alat perekam? Berapa persen rasio penghasilan yang harus tetap ditabung?
Alat Musik sangat2 penting buat Musisi. Berapapun harganya, kalau memang dibutuhkan, beli. Tapi pastikan bahwa barang yang mau dibeli tersebut memang betul-betul dibutuhkan. Bukan sekedar kepengen beli karena LAPAR MATA. Yang terakhir ini soalnya yang banyak terjadi: sebenarnya sih cuma ingin aja, tapi ngomongnya butuh. Itu excuse namanya. Berapa persen penghasilan dari project2 musisi yang sebaiknya ditabung? Minimal 10%. Lebih boleh, kurang jangan.
8. Sentralisasi bisnis musik masih terpusat di Ibukota yaitu Jakarta. Bagaimana pandangan Mas Safir Senduk terhadap musisi yang pindah kota karena tidak sanggup menutup pengeluaran regular yang harus dibayar setiap waktunya? Apa yang terbaik bila kondisi-nya seperti ini?
Gakpapa juga. Salah satu cara menghadapinya adalah mencari job2 musik yang memang tidak terlalu sering membutuhkan pekerjaan yang bersentuhan dengan lain orang di kota lain. Menulis Lagu misalnya (mohon koreksi kalau saya salah). Di bidang saya, orang yang menulis buku bisa menulis buku dengan sangat2 bagus sementara dia tinggal di kota pedalaman. Begitu bukunya jadi, dia tinggal kirim ke penerbit di Jakarta. Kalau penerbitnya minta ketemu, baru dia terbang ke Jkt untuk ketemu.
9. Bagi para musisi yang kondisi finansial-nya belum stabil dan mau mengolah uangnya di bidang bisnis yang lain, hal apa saja yang penting dicatat sebelum segalanya dimulai?
Pastikan bahwa musisi itu harus tetap menanamkan cita2 yg kuat di pikirannya tentang mana keberhasilan utama yang lebih ingin dikejarnya. Kalau seorang musisi yang belum begitu stabil kemudian dia mengolah uangnya dalam bentuk restoran kecil di rumahnya, gpp juga. Yang penting dia tetap harus punya cita2 bahwa dia tetap harus berhasil di industri musik. Mungkin dengan penghasilannya dari bisnis lain, dia jadi punya modal untuk bikin album sendiri mungkin?
10. Apakah penting bagi musisi menciptakan tim manajemen untuk mengelola pemasukan yang didapat dari berbagai sumber? Karena tidak mengerti latar belakang manajemen keuangan, apa yang terbaik dilakukan musisi tersebut agar semua pada tempatnya?
Penting sekali, biarpun mungkin bukan keharusan. Tapi kalau memang bisa, sangat bagus. Jadinya dia bisa konsen ke Kerja Kreatif.
11. Musisi seringkali lemah bilamana berhadapan dengan gaya hidup menghamburkan uang membeli minuman keras atau membeli banyak barang yang tidak perlu. Bagaimana masukan Mas Safir Senduk agar masa tua musisi bisa lebih nyaman secara finansial?
Minuman Keras dan Narkoba seringkali diidentikkan dengan profesi tertentu. Ini menurut saya tidak adil karena gak semua profesi tertentu seperti itu. Banyak musisi yang saya yakin bersih dan bekerja dengan baik tanpa gangguan semua itu. Menurut saya sih, kita harus pintar2 mengatur lingkungan kita. Kalau memang kita mendapatkan lingkungan yg tidak baik, perkuat diri kita dengan iman. Masa Tua Musisi supaya lebih nyaman secara financial bisa diraih dengan cara menabung & investasi. Gak ada cara lain. Kalau Indonesia punya Dasar Negara seperti Pancasila & UUD 1945, maka dalam keuangan, dasarnya adalah Investasi. Ingatlah bahwa Mengeluarkan Uang itu 5x lebih gampang daripada Mendapatkannya. Contoh: Gak gampang cari perusahaan yang mau ngundang kita untuk manggung musik di acara mereka. Perlu usaha keras. Tapi begitu uang sudah di tangan, hari ini Anda keluar mal pun uang itu bisa langsung habis. Jadi supaya masa tua musisi bisa nyaman, pegang baik-baik uang yang memang sudah di tangan, dan investkan ke investasi yang memang menghasilkan..
12. Apakah musisi harus rutin setiap tahun bekerjasama dengan konsultan pajak dan konsultan keuangan guna menghilangkan keresahan-keresahan dalam hal finansial?
Kalau Ordernya banyak dan bervariasi, Konsultan Pajak perlu. Konsultasi dengan Perencana Keuangan saya pikir juga perlu. Ibarat orang yg tersesat dalam hutan, seringkali seseorang tidak bisa lolos dari hutan karena pandangannya tertutup kabut dan banyaknya pohon. Tapi kalau ada seseorang dari atas helicopter mendatangi dia dari atas, orang itu – karena viewnya lebih luas – bisa menuntun orang yg tersesat ini keluar hutan. Artinya, seringkali orang terlibat terlalu dalam dengan kondisinya sendiri sehingga seringkali dia jadi tidak obyektif, sehingga peran orang yang pikirannya masih ‘clear’ dan obyektif bisa membantu dia keluar dari segala masalahnya.
13. Bilamana musisi memiliki kesempatan pergi ke luar negeri karena diundang tampil atau berlibur, bagaimana kiat mengelola keuangan agar tidak bablas dan kembali dengan kondisi minim kembali?
Jangan Lapar Mata. Kalau mau beli alat musik di Luar Negeri, pastikan: Alat itu memang dibutuhkan. Alat itu memang tidak ada di Indonesia atau kalaupun ada, jauh lebih murah kalau beli diluar dan dia memang belum punya.
Tanamkan dalam pikiran bahwa penghasilan dolar itu dan bisa ditabungkan untuk persiapan masa depan. Ingat bahwa Penghasilan Dolar itu gak gampang didapat. Ingat kata saya: Mengeluarkan Uang 5x Lebih Mudah daripada Mendapatkannya.
 14. Musisi sekarang mau tidak mau harus dekat dengan sumber informasi dan proaktif melakukan komunikasi, bagaimana hal yang baik untuk mengatur keuangan untuk biaya komunikasi?
Komunikasi gak selalu harus dengan telfon. Sekarang internet sudah bisa banyak membantu memurahkan biaya komunikasi kita. Dan ingat, berkomunikasi itu – bagi profesi apapun – adalah suatu keharusan. Tipsnya: jangan berkomunikasi hanya kalau lagi butuh. Ikut gabung di komunitas milis, ikut fesbuk, ikut twitter, say hai, pastikan bahwa kita exist dan ada. Order bisa datang kalau kita menunjukkan keberadaan kita.@2010aldosianturi / Photo Credit: Property of Safir Senduk & Rekan

8 comments:

  1. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  2. Halo

    Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga bisa menghubungi kami dengan cara BBM pin (DB5121C1) kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
    Assalamu`alaikum wr wb,

    ReplyDelete
  3. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  4. Halo, saya adalah Ibu Annisa Ahmad, pinjaman pribadi bagi kreditur untuk meminjamkan uang
    Waktu kemungkinan Anda memerlukan pinjaman segera untuk membayar pinjaman Anda atau
    pinjaman yang Anda butuhkan untuk memperbaiki bisnis Anda lakukan? Anda telah ditolak oleh bank
    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Awal
    lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memiliki pinjaman konsolidasi atau hipotek?
    Mencari lebih, karena di sinilah kita melakukan segalanya untuk menjaga agar masalah keuangan kita tetap rendah
    ke masa lalu Kami meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan dukungan finansial,
    yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan untuk diinvestasikan
    Bisnis di level 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda
    Kami memberikan bantuan dan penerimaan yang andal, dan siap menawarkan pinjaman.
    tidak peduli jumlah yang Anda butuhkan kami di sini untuk menawarkan Anda ketika Anda datang, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda


    Jadi hubungi kami hari ini via email:
    (annisaahmadlaoncompany@gmail.com)
    TambiƩn puede contactarnos por BBM pin:
    (DB5121C1)
    Anda bisa menghubungi kami di FACE BOOK:
    (Annisa Ahmad)
    Saya WhatsApp:
    (+393511318582)

    ReplyDelete
  5. Halo, semuanya, tolong, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk mengkomunikasikan kepada Anda semua tentang kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman kredit nyata yang mengubah hidup saya dari rumput menjadi anugerah, dari kemiskinan menjadi orang kaya, yang sekarang hidup sehat dan kaya tanpa stres dan kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan ditipu dengan jumlah $ 3.470 USD, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke akun baru saya. teman - baru-baru ini mendapatkan pinjaman online, kami membahas masalah ini dan kesimpulan kami menceritakan kisah seorang wanita bernama Mrs.Endah, yang merupakan CEO RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS jadi saya meminta jumlah pinjaman ($ 60.000,00) dengan suku bunga rendah, jadi pinjaman yang mudah disetujui tanpa tekanan dan persiapan telah dibuat mengenai transfer kredit dan kurang dari empat (4) hari, pinjaman disetorkan ke Rekening bank saya, saya pikir itu adalah lelucon, sampai saya menerima panggilan dari bank saya yang akun saya miliki telah dikreditkan dengan $ 60,000.00 Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan saya pemberi pinjaman kredit nyata yang mampu memberikan keinginan hati Anda. Banyak terima kasih Mrs.Endah karena telah membuat hidup adil bagi saya jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman harus tolong cekact Ibu melalui e-mail (ramadhanislamiyatloans@gmail.com), yang adalah bagaimana saya bisa mendapatkan kredit sehingga saya dapat membayar tagihan saya. Jadi terima kasih, karena Anda meluangkan waktu untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan juga akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda, saya bernama Abdul. Anda dapat menghubungi saya untuk lebih mengarahkan {oliverhwallace1@gmail.com}

    ReplyDelete
  6. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku

    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayaiu kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman

    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITES: {D8980E0B}
                           : {4424AA}
    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

               TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
       Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

    ReplyDelete
  8. Apakah Anda memerlukan keuangan cepat dengan A.P.R yang relatif rendah? Kami menawarkan keuangan bisnis, keuangan pribadi, keuangan rumah, pembiayaan mobil, keuangan pelajar, keuangan konsolidasi utang, mis. tidak peduli skor kredit Anda. Kami dijamin memberikan layanan keuangan kepada banyak klien kami di seluruh dunia. Dengan paket pinjaman fleksibel kami, keuangan dapat diproses dan ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin, hubungi spesialis kami untuk saran dan perencanaan keuangan.

    Salam:
    Perusahaan: PINJAMAN RAMADHAN ISLAMIYAT
    email: (ramadhanislamiyatloans@gmail.com)
    PIN BB: (e32ddf1e)

    ReplyDelete