Search This Blog

Thursday, July 28, 2011

Media Sosial untuk Bisnis

Media Sosial untuk Bisnis

(kesimpulan dari: Sosial Media for Busine White Paper by: Dennis O’Neil :dennisoneil.com)
Apakah yang dimaksud dengan sosial media? Apakah jaringan sosial itu?
Pada awalnya perusahaan umumnya jarang berinisiatif untuk memanfaatkan internet. Mereka masuk ke dunia internet (melakukan e-commerce), setelah mereka mengetahui manfaat internet. Ketika kita berbicara strategi web 2009, pasti kita juga ikut membicarakan tentang sosial media dan jaringan sosial. Internet terus berkembang dan teknologi baru telah merubah kebiasaan konsumen. Perubahan behavior ini memperngaruhi bagaimana orang-orang berbelanja dan bagaimana memutuskan untuk membeli sesuatu. Perusahaan yang telah menggunakan tools baru (internet) lebih awal, memiliki keunggulan kompetitif.
Web sosial itu bagaimana kita mendeskripsikan kata-kata – sosial. jadi di tulisan ini, penulis akan membandingkan tentang interaksi sosial secara online dan interaksi sosial secara offline, sehingga bisa membantu menjelaskan bagaimana kebiasaan manusia itu paralel antara satu dengan yang lainnya.
Media sosial dan jaringan sosial adalah teknologi utama yang telah mengubah citra internet, sehingga lebih dikenal dengan “Web 2.0″. Internet telah berkembang dengan sangat pesat. Jadi, apa specialnya dari internet itu??
Dulu, internet hanya berkomunikasi 1 arah, seperti buku tradisional, perbedaannya hanya dalam format elektroniklah internet berbicara kepada para pembacanya. Hanya sedikit kesempatan dari visitors kepada websitenya yang memliki impact langsung terhadap pesan yang ada di situs(website). Menggunakan internet, terdapat kesempatan untuk berbagi “sesuatu yang penting” di pesan yang ingin disampaikan melalui “email this” atau bahkan meng-email situs untuk seseorang.Namun, percakapan/perembukan/cara pandang anda terjadi di terowongan (tidak ada pihak lain yang mengetahui). Email yang kamu kirimkan hanya diperuntukkan untuk penerima. Tidak ada visitor lain yang bisa menerima manfaat cara pandang kamu dengan imbuhan lelucon(gaya bicara kamu sendiri).

Pada web 1.0 : kamu adalah bagian dari kebanyakan orang, tetapi kamu masih bisa dapat bergaul/bertukar pikiran dengan mereka. Kamu tau, di internet ada banyak orang, tetapi kamu tidak bisa melihat/mendengarnya, kamu tidak mengerti siapa mereka, dan apakah mereka memiliki sesuatu yang menarik untuk di share.

Pada web 2.0: Di internet kamu berada dalam bagian yang sama, tetapi sekarang km dapat mendengar dan berbicara dengan siapapun yang kamu inginkan, walaupun kamu tidak pernah bertemu sebelumnya.Kamu bisa memperkenalkan dirimu, jika seseorang berbagi hal penting dan kamu telah melewatkannya, kamu masih bisa mendengarnya dan masih bisa mempelajarinya.
Kamu memiliki dua pilihan: di web 1.0 – kamu bisa memiliki websitemu sendiri atau kamu bisa mengirim email ke seseorang jika ia ingin tau tentang apa yang kamu katakan. Sementara lebih tidak memungkinkan jika seseorang harus memiliki website sendiri, memiliki web desainer. Email adalah tool yang bagus, tetapi bagaimana jika ada seseorang yang telah merubah alamat emailnya? Apakah kita harus selalu mengirim email kepada teman-teman satu-persatu, tentang sesuatu yang kita anggap menarik, Hal ini sangat tidak mungkin bukan?
Media sosial telah menciptakan ruang yang memungkinkan setiap orang bahkan dengan segala keterbatasan pemahaman dari penggunaan komputer menjadi seorang publisher. Dampak dari tools baru seakan telah memberikan mikrofon kepada para pengguna internet. Tools dari media sosial membuat seseorang tetap bisa terhubung (to stay connected), tanpa email, untuk berbagi sesedikit mungkin apa ang mereka mau dan memungkinkan tiap orang mendengar sesedikit mungkin dari apa yang mereka pilih untuk didengar.
Bayangkan, jika Kamu tidak tertarik apa yang dibahas oleh rekanmu, kamu bisa memilih untuk tidak memperhatikan apa mereka share, tanpa harus memberitahunya. Tools dari sosial membuat kamu bisa melakukan hal ini
Di generasi terbaru web tool memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan baik di luar lingkaran sosial mereka secara langsung, berbagi cerita, saran dan sesuatu yang memiliki kesamaan interest. Web 1.0 memiliki beberapa contoh-contoh awal semacam ini pemberdayaan. Amazon.com adalah salah satu dari intansi yang populer dengan menambahkan hal ini dengan penggunaan rating dan comment. Setiap orang di emailnya dapat meninggalkan review dari produk sehingga dapat dibaca dengan orang-orang di seluruh dunia.
Contoh lain dari website 2 arah adalah komunikasi dasar adalah forum. Forum kebanyakan digunakan oleh grup ceruk (niche group) dan khususnya lebih cenderung ke teknologi, “bulletin boards” ini telah mengijinkan komunikasi dua arah tentang apa yang terjadi di website untuk pembaca selama beberapa tahun. Interface ini agak terlalu dingin dan topiknya terlalu terfokus, bagi mereka dapat membuat dampak yang lebih besar tanpa adanya tools tambahan untuk memuji penggunaannya.
Contoh dari jaringan sosial adalah classmates.com. Di situs ini memungkinkan pengguna terhubung dengan teman lama, berbagi info, foto dan pesan kepada teman sekelasnya untuk dibaca. Classmates.com dikenai biaya untuk menjadi member aktif di komunitasnya dan mereka saling memberi informasi. Jaringan sosial paling terkenal di Amerika adalah Facebook yang telah menggabungkan beberapa services, penuh dengan fitur dan gratis. 2 model ini termasuk dalam jaringan sosial.
Web sosial telah membuat membuat langkah besar karena host dari tools telah bekerja bersama, menggunakan format standart. Format standar ini memungkinkan tools saling terintegrasi,dan membuat dampak secara keseluruhan lebih besar daripada jumlah daripada hanya sebagian-bagian.
Mengapa kamu harus peduli? Mengapa perusahaan memiliki strategi media sosial?
Membuat orang-orang mudah untuk membicarakan ttg ANDA
Kita telah ketahui bersama bahwa internet memudahkan kita membuat “sesuatu” untuk seseorang dan kita dapat mengambil advantage darinya. Lebih mempermudahkan untuk menshare sesuatu dengan cukup mempost, dan 500 temannya dapat membaca apa yang dipost, dari pada harus memanggil 500 orang untuk menginfokan hal baru.
Sosial teknologi menyediakan kekuatan antara individu. Mereka mempercepat penyebaran informasi. Web 2.0 membuka internet ke level komunikasi gaya baru, menciptakan kesempatan baru untuk berbisnis.
Dengan Web 1.0, internet tidak memiliki banyak bagian (party). Contoh sebelumnya mendeskripsikan bahwa internet lebih mirip setumpuk terowongan informasi. Web 2.0 adalah sebuah bagian (party). Tiap orang dapat bersosial secara gratis untuk bersosial. Facebook, menginformasikan bahwa terdapat 300juta pengguna. Ini adalah bagian yang sangat besar. Tidak ada seseorang yang dapat berbicara padamu jika kamu tidak berada didalamnya.
Jadi apa alasan utama berbisnis menggunakan teknologi sosial:
1. Kebanyakan konsumen menggunakan waktunya untuk online tidak lagi cukup waktu, jika perusahaan hanya menargetkan orang yang mencari produk perusahaan itu. Kebanyakan bisnis setuju bahwa tidak banyak orang-orang yang mencari produk perusahanmu. Kamu butuh untuk menggapai keluar lingkup dan mengambil individu-individu yang tidak secara aktif mencari, tetapi dapat tergoda untuk mencari jika memiliki hubungan baik dibentuk dan memiliki kesempatan yang tepat.
2.Humas secara online (online PR)
Cara singkatnya untuk mendeskripsikan banyaknya teknologi sosial disebut “online PR”. Tujuan dari strategi ini adalah untuk menciptakan buzz disekitar yang perusahaan lakukan. Mendapatkan banyak orang untuk berbicara ttg perusahaanmu dan mendapatkan mereka untuk berbagi cerita dengan yang lain. Sharing ini membuat orang untuk mendapatkan pembeli yang potensial
3.Manfaat Search Engine Optimization
User Generate Content (UGC) adalah istilah yang diberikan untuk konten yang dibuat oleh pengguna untuk social platform. Review produk, deskripsi website, tag dan blog posts, dll. UGC adalah nilai tertinggi dari search engines karena memungkinkan konten yang ada pada saat ini diciptakan oleh individu,dan isi yang bertentangan dan kurang authetic dari sebuah situs web perusahaan yang mungkin ditulis oleh mereka akan direview oleh komite perusahaan.
Hal inilah yang akan menunjukkan suatu kredibilitas perusahaan. Jika link website perusahaanmu berada dimana-mana di situs internet, perusahaan kamu dianggap lebih memiliki kredibilitas.
Apa bentuk-bentuk dari teknologi sosial dan bagaimana cara mereka menggunakannya?
Sangat sulit untuk mengkatagorikan tools dari teknologi sosial, sama seperti tidak mungkin untuk dengan mudah dikategorikan interaksi sosial secara offline. Ada sedikit cross over di seluruh pengkategorian ini, teptai ini adalah summary dari overview di tipe-tipe utama
BLOGGING
Blog ,web log yang pendek, adalah website format simpel yang memungkinkan seseorang untuk menggunakan skill dasar internet untuk mempublish content di sebuah website.
misal: wordpress, blogger, movable type
SOCIAL BOOKMARKING SERVICES
misal:delicious, digg, StumbleUpon
VIDEO DAN PHOTO SHARING SERVICES
misal: youtube, flickr,
JARINGAN SOSIAL
misal: facebook, linkedIn, MySpace
MIKRO-BLOGGING
misal: twitter
AGGREGATORS

Bagaimana sekarang?

-jangan berjualan, tetapi bantu mereka membeli
-jika kamu senang terhadap informasi yang kamu miliki, maka buatlah hal itu sesuatu yang gratis
-kamu mau dibayar?? pikirlah dalam jangka panjangnya

No comments:

Post a Comment