Search This Blog

Monday, February 13, 2012

Matang akan kegunaan

Jangan sampai alasan membeli gadget ini (di dalam hati terdalam) cuma karena ikut-ikutan. Perlu dipikirkan yang matang apa kegunaan membeli, misalnya untuk presentasi, atau membuat blog untuk orang yang mobile.
be well,
Dwika





Tips Membeli Gadget

Posted: November 8, 2011 in INFORMASIPERENCANAAN KEUANGANUncategorized
Tag:
0
kali ini saya ingin share mengenai tips bijaksana berbelanja gadget.
Minggu kemarin, sebuah pameran gadget terbesar di Jakarta baru saja diselenggarakan dengan sukses. Berbagai macam gadget elektronik dari Ponsel, Notebook, Tablet PC dan lainnya yang terbaru dan tercanggih,
berlomba  dipamerkan dan ditawarkan oleh para produsen dan distributor. Yang saya dengar dari teman-teman yang ke pergi sana,
pengunjungnya penuh sesak sampai-sampai sulit untuk berjalan. Ditambah dengan tawaran diskon maupun cicilan kartu kredit,
pengunjung “di manjakan” untuk memiliki gadget canggih ini yang dapat “disesuaikan” dengan kemampuan keuangan kita.
Salah satu gadget yang sedang trend saat ini dan juga banyak ditawarkan adalah “Tablet PC” dan saat ini mulai menjadi
Life Style” di dunia. Tidak ketinggalan di Jakarta khususnya anak muda dimana sepertinya kalau belum punya Tablet PC ini kayanya ngga cool. Begitulah yang saya lihat dan amati dari teman-teman saya yang membeli.
Yang ingin saya share bahwa dalam membeli gadget perlu ada pertimbangan yang matang. Kecuali bagi anda yang uangnya berkelimpahan dan tujuan keuangan sudah tertata dengan baik, itu soal lain ya.
Tapi bagi kita yang mungkin punya dana terbatas, ada beberapa hal yang menurut saya penting
dipikirkan sebelum mengambil keputusan membeli:
1. Alasan membeli gadget tersebut.
Jangan sampai alasan membeli gadget ini (di dalam hati terdalam) cuma karena ikut-ikutan. Perlu dipikirkan yang matang apa kegunaan membeli, misalnya untuk presentasi, atau membuat blog untuk orang yang mobile. Yang saya lihat pada teman-teman saya, akhirnya yang menggunakan Tablet PC itu adalah anaknya untuk main game dan browsing internet.
2. Suatu kebutuhan atau hanya keinginan semata.
Berhubung gadget ini mahal, maka perlu benar-benar dipikirkan untuk ke depan, jangan sampai uang yang anda keluarkan sia-sia
3. Diskusikan dengan pasangan, apabila anda sudah menikah.
Karena jangan sampai pasangan anda marah-marah karena anda membeli sesuatu yang dianggap hanya membuang uang. Saya sendiri berdiskusi dengan istri mengenai hal ini sehingga ada komunikasi yang baik dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama. Ingat, setelah menikah, Uangmu adalah “UANG BERSAMA” .
4. Apakah pembelian bisa ditunda untuk beberapa waktu.
Karena seperti kita tahu, dengan berjalannya waktu, harga gadget tersebut akan semakin turun dibandingkan waktu pertama kali keluar.
5. Apabila memang sudah bulat untuk membeli, cari review atas gadget tersebut via “Oom Google” (banyak yang sudah memasukkan reviewnya atas berbagai macam gadget tersebut) dan tanya-tanya teman yang sudah menggunakan.
Itu yang bisa saya share supaya kita semakin bijaksana dalam menggunakan uang kita yang terbatas dalam mengambil keputusan untuk membeli bukan hanya gadget, juga hal-hal yang lain.
sumber :
Johan Suhadi

No comments:

Post a Comment