Search This Blog

Monday, May 9, 2011

Serial buku ITIL

Information Technology Infrastructure Library


Sebenarnya ITIL bukan merupakan standar dalam audit TI. ITIL lebih merupakan framework/best practicebagi IT service management untuk menciptakan layanan teknologi informasi yang bermutu tinggi.
ITIL terdiri atas delapan buku berseri yang disusun dan diterbitkan olehCentral Computer and Telecommunications Agency (CCTA) yang sekarang dikenal sebagai the British Office of Government Commerce (OGC).
Delapan serial buku ITIL tersebut terdiri atas:
  • Software Asset Management
  • Service Support
  • Service Delivery
  • Planning to Implement Service Management
  • ICT Infrastructure Management
  • Application Management
  • Security Management
  • Business Perspective
British Standard (BS) 15000 adalah sertifikasi keahlian/profesional yang diterbitkan oleh Pemerintah Inggris untuk manajemen TI dimana ITIL dapat digunakan sebagai panduan dalam penetapan sertifikasi.
Sedangkan untuk pemusatan perhatian pada kebutuhan keamanan sistem diterbitkan sertifikasi BS 7799 yang berdasarkan pada bagian dari BS 15000.
Sertifikasi untuk IT service management terbagi atas tiga tingkat yaitu:
  • Foundation certificate
  •       Sertifikasi ini diberikan setelah menjalani kursus selama tiga hari dan lulus dari ujian tulis dengan model
          pilihan berganda. Sertifikat untuk tingkatan ini merupakan sertifikasi pertama dari tingkatan yang ada.
  • Practitioner’s certificate
  •       Untuk mencapai tingkatan ini diperlukan proses penilaian dan pengujian dengan mengikuti kursus, 
          studi kasus serta ujian tulis dengan model pilihan berganda. Di tingkatan ini, sertifikasi diberikan
          secara khusus pada bagian tertentu saja (spesialisasi).
  • Manager’s certificate
  •       Untuk memperoleh sertifikasi ini harus menempuh sepuluh hari pelatihan, akreditasi dari badan khusus
          serta lulus dari dua kali ujian tulis dalam model uraian.
Lingkup kriteria informasi yang sering menjadi perhatian dalam ITILadalah:
  • Effectiveness
  • Efficiency
  • Confidentiality
  • Integrity
  • Availability
  • Compliance
Namun pada bagian kriteria informasi ini tidak terlalu terfokus seperti dalam COBIT.
Sedangkan fokus terhadap pengelolaan sumber daya teknologi informasi dalam ITIL identik dengan COBIT.

No comments:

Post a Comment