Search This Blog

Thursday, September 1, 2011

 10 menitnya saya gunakan untuk bersyukur. Sehingga, senyuman dan Positive Feeling akan menarik hal-hal baik dalam hidup saya setiap hari, dan perasaan positive serta kebahagiaan yang saya rasakan setiap hari.
be well,
Dwika




30 + 60 + 30, penggunaan 2 jam waktu untuk masa depan kita

**rahmandesyanta.blogspot.com

Akhir-akhir ini saya membaca sebuah buku yang dikarang oleh bapak Putu Putrayasa, seorang pengusaha muda yang telah membuat universitas dari umurnya 19 tahun. Wow, merupakan prestasi yang luar biasa bukan??
Buku yang saya Baca kali ini berjudul "KAYA & BAHAGIA MODAL NGOBROL", memang saya belum selesai membaca buku ini, tetapi sebuah rumus bangun pagi membuat saya sadar, bahwa saya sering melakukannya. Rumusnya adalah seperti ini :

30 + 60 + 30

Awal kita bangun gunakan waktu sebagai berikut :

30 Menit gunakan untuk bersyukur

ketika baru bangun, kita biasanya langsung memikirkan masalah kita dan memberi banyak sekali energi negative ke dalam diri kita dan membuat semua perasaan positive tertutupi oleh perasaan negative kita ketika baru bangun, dimulai dari masalah, "kenapa alarm cepat berbunyi, sampai masalah kompleks yang kita masi sisakan saat kita sebelum tidur". Ini akan membuat Feeling kita berubah dan akan berpengaruh dalam keseharian kita. Saya pernah merasakannya, waktu itu, saya sedang kebingungan dalam skripsi saya, dari malam sampai pagi yang saya pikirkan skripsi yang mentok, dan alhasil, karena perasaan yang tidak stabil dan tidak mendukung saya, akhirnya hari-hari jalannya begitu berat, ada aja masalah yang datang, mulai dari uang saya ternyata habis lebih cepat, penyakit maag kambung lagi, sesak nafas juga, belum lagi putus dengan pacar, belum lagi gebetan diambil orang, belum lagi ban mobil sering pecah. aduh, banyak sekali. saat itu saya mulai sudah bingung harus bagaimana, akhirnya saya pasrah aja, dan bersyukur aja bahwa tuhan telah memberikan hadiah terbesar dalam hidup saya, yaitu masalah, alhasil semua berubah seketika, skripsi yang mentok berubah menjadi hal yang baru, saya dapat ide yang luar biasa di skripsi saya, tidak lagi ada mentok2an, seolah2 ada yang menuntun saya dalam mengerjakannya. Perasaan saya selalu optimis dan akhirnya saat sidang skripsi saya mendapat nilai sempurna yaitu "A". Luar biasa bukan, hanya dengan cara, 30 menit baru bangun, coba gunakan dengan bersyukur, mulai dari bersyukur sudah dibangunkan pagi ini, bersyukur dapat melihat pagi ini, merasakan dinginnya pagi, hidup di pagi ini sampai bersyukur dengan keadaan diri. Saya biasanya melakukannya dengan meditasi, meditasi selama 20 menit, memejamkan mata, relax dan mendengarkan Quantum Brain Wave. 10 menitnya saya gunakan untuk bersyukur. Sehingga, senyuman dan Positive Feeling akan menarik hal-hal baik dalam hidup saya setiap hari, dan perasaan positive serta kebahagiaan yang saya rasakan setiap hari.

60 menit untuk belajar

setelah bersyukur dan perasaan positive itu masuk kedalam hati kita, lanjutkanlah dengan penambahan ilmu dalam diri kita. misalnya dapat dilakukan dengan membaca buku atau artikel di internet, menonton video, mendengar audio book atau hal lain yang dapat meningkatkan kemampuan anda. Contoh kongkretnya seperti, yang sering saya lakukan, saya sering membaca self development, untuk meningkatkan kemampuan saya untuk menjalani hari, saya baca banyak sekali buku self development dari pengarangnya Brian Tracy hingga Bong Chandra dan Putu Putrayasa, selain itu saya juga sering melihat Gambar-Gambar dan Foto-Foto photographer lain yang saya gunakan sebagai pedoman dan juga meningkatkan kemampuan photography saya. ini sangat berpengaruh jika kita lakukan di pagi hari, karena pagi hari kita masih merasakan fresh, bahkan sangat fresh. Sehingga apapun yang kita masukkan ke dalam diri kita, kita tidak akan banyak bertanya. seperti biasanya di siang hari, kalo ada ilmu baru masuk dalam diri, sering kali kita bertanya pada diri sendiri, ah apa benar?? atau ah itu kan cuma karangan saja?? mana mungkin?? nah, saat pagi kita akan sangat jarang mengatakan itu, kita hanya menerima saja. karena pikiran sadar kita belum sadar betul. dan tidak ada dorongan dari waktu di lingkungan kita.

30 Menit berbuat

Lanjutkan ke penggunaan waktu terakhir di 2 jam awal hidup anda untuk melakukan atau berbuat, Misalnya sebelumnya anda membaca sebuah buku, cobalah untuk menulisnya kembali menjadi sebuah rangkuman yang dapat membuat anda lebih ingat lagi atau dapat berbagi. Atau jika anda memiliki sebuah ide, coba tuliskan atau rekam ide-ide anda sehingga anda memiliki pedoman dan ide anda tidak mengalir keluar begitu saja. Apapun idenya tuliskan saja, bahkan ide yang aneh pun tuliskan saja. Orang-orang yang memiliki usaha yang besar bukankah itu berawal dari ide yang gila dan nyeleneh?? Tuliskan saja dan yakini saja itu akan terjadi. kalo anda ingin membuat buku, cobalah mulai dengan mind maping, selalu melakukan pada 30 menit ini, jangan hanya berfikir, setidaknya hidupkan recording di HP anda dan berbicaralah tentang ide anda, atau ringkasan buku yang anda baca. atau ambil kertas apa saja, tuliskan saja semua yang anda pikirkan. dan lihatlah betapa itu semua membuat anda semakin PD dengan diri anda sendiri.

3 alokasi waktu ini akan sangat membantu kita dalam meraih apa yang kita inginkan, semua yang kita mau dan perasaan positive yang kita rasakan setiap hari. Tentu saja akan berdampak cepat jika kita lakukan terus menerus secara konsisten. Mungkin pada awalnya anda akan Bosen, tapi jika anda merasakan sesuatu yang berbeda seharian karena 3 alokasi waktu ini, wah itu bukan karena saya atau siapapun tapi karena anda telah mempergunakan waktu anda dengan baik sekali. 

Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Pak Putu Putrayasa yang membuat saya sadar, ternyata apa yang saya lakukan benar dan tinggal diperbaiki alokasi waktunya.

SELAMAT MENCOBA dan SUKSES
sumber gambar :
1. http://www.forthright.net
2. http://kids.fashionbubbles.com
3. http://iymzwordplay.wordpress.com

Putu Putrayasa

No comments:

Post a Comment