Search This Blog

Monday, May 30, 2011

Anda juga memiliki kelebihan

Yakinlah Anda juga memiliki kelebihan yang menguntungkan bagi perusahaan. Pengalaman adalah salah satunya. Umumnya perusahaan lebih suka kandidat yang berpengalaman dibandingkan dengan mereka yang memiliki zero experience. Manfaatkan dan tonjolkan kelebihan Anda dan jangan menyerah menghadapi persaingan dunia kerja!
be well,
Dwika





Kiat Berburu Kerja Setelah Lama Absen

by RNO
Mungkin dulu Anda pernah bekerja, memiliki karir dan posisi yang cukup baik dan membanggakan. Karena satu dan lain alasan, Anda meninggalkan pekerjaan Anda dan absen dari dunia kerja formal cukup lama. Kemudian, setelah bertahun-tahun kemudian, Anda dihadapkan dengan pilihan atau keharusan untuk kembali bekerja. Entah alasan ekonomi, aktualisasi diri, atau keinginan untuk mempraktekkan ilmu, Anda memiliki rencana untuk kembali ke dunia kerja. Dan tentu saja Anda harus mengawalinya dengan berburu informasi lowongan kerja.
Saat mulai kembali mencari kesempatan di dunia kerja, mau tidak mau Anda akan dihadapkan dengan situasi yang jauh berbeda dengan periode ketika awal dulu Anda memulai karir Anda. 5 – 10 tahun yang lalu mungkin internet belum jadi media andalan memasang iklan lowongan kerja, career expo tidak terlalu sering diadakan, situs jaringan sosial tidak ada dan berbagai situs / blog yang memuat artikel tips & tricks tentang rekrutmen juga belum mewabah.
Sekarang job seeker dipermudah dengan hal-hal tersebut. Dengan Internet, mencari informasi lowongan kerja is just a click away, situs jaringan sosial seperti Facebook dan Twitter bisa jadi alat untuk memperluas jejaring, berbagai informasi mengenai tips dunia kerja bisa ditemukan dengan mudah dan cukup banyak institusi mengadakan job fair. Semua ini adalah helping tools dan bantuan yang cukup besar bagi pencari kerja. Namun dengan segala kemudahan tersebut, ternyata mencari kerja masih belum bisa dikatakan proses yang mudah bagi Anda yang sempat sempat absent dari pasar tenaga kerja. Selain mulai mengupdate dan menyesuaikan diri dengan segala perubahan tekhnologi, berikut adalah tips yang membantu Anda yang berniat untuk kembali berburu kerja.
1. Start to organize. Buatlah daftar yang memuat keterampilan Anda yang dirasakan masih relevan dengan keadaan sekarang,personality traits, soft skill, dan prestasi kerja yang pernah Anda dapatkan, lalu cantumkan di CV baru Anda. Pastikan bahwa CV baru Anda menonjolkan hal-hal yang akan memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. Tonjolkan pengalaman yang merupakan nilai tambah dan kelebihan Anda dibandingkan dengan kandidat lain. Jangan lupa untuk menambahkan deskripsi tanggung jawab Anda yang lalu. Nyatakan dengan jelas bahwa Anda antusias untuk belajar hal-hal baru dan terbuka terhadap tantangan.
2. Fokus. Pusatkan usaha dan perhatian Anda pada pekerjaan yang memang Anda ingin dan mampu lakukan dan sesuai dengan kualitas dan kompetensi Anda. Selain hal ini akan memudahkan pencarian kerja Anda, fokus juga membantu Anda untuk menghemat waktu pencarian kerja. Hal ini bukan berarti Anda harus mengabaikan tawaran pekerjaan lain. Fleksibel dan cobalah pekerjaan yang membutuhkan kandidat dengan kualifikasi yang Anda miliki.
3. Hubungi professional recruiter. Banyak perusahaan yang mencari karyawan dengan bantuan head hunter, terutama posisi di level medium sampai top executive. Kirimkan email atau hubungi mereka langsung untuk mencari informasi lowongan kerja. Tanyakan apakah Anda bisa submit CV Anda untuk database mereka jika nanti ada kesempatan yang cocok dengan Anda.
4. Jangan terpaku pada informasi dari satu arah saja. Hal terbaik adalah dengan mengkombinasikan dua metode, online danoffline. Informasi lowongan kerja online memang lebih mudah didapatkan. Jadilah member portal lowongan kerja terpercaya atau ikuti milis lowongan kerja. Selama Anda memiliki koneksi Internet, setiap saat dengan mudah Anda bisa mengakses informasi lowongan kerja. Metode offline bisa dilakukan dengan berlangganan beberapa koran lokal yang memiliki halaman khusus informasi lowongan kerja. Jangan lupa untuk memanfaatkan jejaring yang sudah Anda bangun bertahun-tahun. Alert mereka bahwa Anda sekarang ada di pasar pencari kerja. Kirimkan CV Anda bila perlu. Ingatlah bahwa 55% pekerjaan masih didapatkan melalui informasi yang beredar dinetwork.
5. Optimis. Anda memang sempat absen dari dunia kerja. Usiapun sudah tidak muda lagi. Keterampilan Anda belum tentu masih relevan dengan keadaan sekarang dan Anda perlu belajar banyak, namun yakinlah Anda juga memiliki kelebihan yang menguntungkan bagi perusahaan. Pengalaman adalah salah satunya. Umumnya perusahaan lebih suka kandidat yang berpengalaman dibandingkan dengan mereka yang memiliki zero experience. Manfaatkan dan tonjolkan kelebihan Anda dan jangan menyerah menghadapi persaingan dunia kerja!
Remember! 
Tidak ada kata terlambat untuk sebuah kesuksesan, so let’s move!
Chandra Ming

No comments:

Post a Comment