Search This Blog

Monday, May 30, 2011

Meeting dan event tertentu

Hadiri meeting dan event tertentu di kantor, aktif menjadi seorang volunteer dalam sebuah organisasi, dan sebagainya. Dengan demikian banyak orang yang akan melihat kinerja Anda, ide-ide yang Anda sampaikan, dan keterampilan Anda dalam berorganisasi. Hal ini akan sangat membantu pergerakan karir Anda.
be well,
Dwika





Tips Tetap Eksis Dalam Karir

by HSN
Dalam dunia kerja seperti sekarang ini, menjadi seorang pemimpin atau professional yang mempunyai standard yang akui adalah harapan bagi setiap profesional. Mempertahankan eksistensi dalam karir bukan hanya tentang bagaimana Anda tetap eksis, banyak dikenal orang, semua orang membicarakan Anda. Tetapi lebih kepada memposiskan diri Anda pada tempat yang tepat, sehingga Anda dapat meningkatkan karir ke level yang lebih tinggi.
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat diri Anda tetap eksis dalam karir.
Jadilah seorang kreatif. Pernahkan Anda berpikir apa yang membedakan Anda dengan yang lainnya? Keunikan apa yang ada didalam diri Anda? Apakah skil yang Anda miliki berbeda dari yang lain? Saat ini banyak perusahaan yang mempekerjakan atau memilih orang yang bisa berkreasi dalam segala situasi untuk menjabat disalah satu posisi dalam perusahaannya. Seseorang yang kreatif biasanya lebih luwes dan dapat menempatkan diri dalam segala keadaan. Untuk menjadi seorang yang kreatif dalam pekerjaan Anda dapat pelajarinya tidak hanya dari pendidikan formal, tetapi juga melalui buku, majalah, koran dan media lain yang banyak memberikan informasi. Semakin banyak Anda membaca atau mencari informasi, maka semakin banyak pula ide kreatif yang Anda dapat.
Perluas networking. Manusia akan tetap eksis selagi Ia masih mau berhubungan dengan orang lain. Mengenal dan dikenal banyak orang, dengan meningkatkan hubungan sosial baik di kantor maupun diluar kantor maka akan terjadi tranformasi ilmu atau share ilmu yang belum Anda ketahui. Dengan memanfaatkan fasilitas jejaring sosial yang makin marak digunakan seperti Facebook, Twitter, Koprol, FourSquare dan lainnya, Anda dapat memperluas networking sehingga memudahkan Anda dalam mencari teman, kolega atau bahkan menjalin perteman dengan orang yang sama sekali belum Anda kenal. Oleh karena itu manfaatkanlah semua alat yang ada untuk menciptakan jejaring Anda.
Communication skill. Manusia adalah mahluk sosial yang perlu berinteraksi dengan yang lain, salah satunya dengan berkomunikasi. Kemampuan dalam berkomunikasi menjadi hal yang penting bagi seorang perofesional terlebih lagi bagi seorang pemimpin. Tidak begitu menjadi masalah ketika Anda tidak 100% memahami sebuah topik pembicaraan, jika Anda mengetahui persis bagaimana cara penyampaiannya dan mengaitkanya dengan hal lain, sehingga pendengar Anda mengerti apa yang sedang Anda komunikasikan. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, rekan atau kolega Anda akan kagum terhadap Anda, dan sangat memungkinkan sekali bagi Anda mendapatkan promosi untuk meningkatkan karir Anda ke level yang lebih tinggi.
Aktif berorganisasi. Banyak keuntungan yang Anda dapat dengan mengikuti organisasi baik dalam lingkungan kerja maupun diluar lingkungan kerja. Seperti menghadiri meeting dan event tertentu di kantor, aktif menjadi seorang volunteer dalam sebuah organisasi, dan sebagainya. Dengan demikian banyak orang yang akan melihat kinerja Anda, ide-ide yang Anda sampaikan, dan keterampilan Anda dalam berorganisasi. Hal ini akan sangat membantu pergerakan karir Anda.
Remember!: Karir yang baik can't be found, it must be built. So, pastikan Anda lebih giat membangun karir Anda dari pada terus menerus mencari pekerjaan baru.
Chandra Ming 

No comments:

Post a Comment