Search This Blog

Sunday, May 22, 2011

Percaya diri

Percaya pada diri sendiri bahwa DIA BISA, AKUPUN PASTI BISA. Kepercayaan ini, harus dimiliki dan digenggam teguh dan kokoh, kapan dan dimanapun berada.
be well,
Dwika








"A-Z - SUCCESS" 
by: Peter Lim

Success manifests in small daily events, not only in the accomplishment of great ambitions” Remez Sasson
Sukses, adalah semua orang dan siapapun bisa meraihnya, asalkan dia mau berusaha, untuk menuju kearah tersebut. Untuk meraihnya, tidaklah susah dan yang dibutuhkan, hanyalah satu yaitu tekad dan kemauan yang keras serta pantang menyerah. Untuk meraihnya, inilah kiat – kiatnya :
A : ACCEPT > Jangan minder terhadap diri sendiri dikarenakan oleh tingkat edukasi yang rendah, status sosial yang miskin atau kurang rupawan. Terima segalanya dengan positif dan segera diadakan perbaikan yang konstruktif agar potensi diri semakin meningkat dengan bertambahnya usia.
B : BELIEVE > Percaya pada diri sendiri bahwa DIA BISA, AKUPUN PASTI BISA. Kepercayaan ini, harus dimiliki dan digenggam teguh dan kokoh, kapan dan dimanapun berada.
C : CARE > Tidak kalah pentingnya, kepedulian terhadap lingkungan harus selalu ditingkatkan. Dengan dimilikinya kepedulian, orang – orang akan simpati dengan diri kita. Ini adalah salah satu peluang atau desempatan untuk meraih sukses.
D : DIRECT > Apapun yang dikerjakan, haruslah langsung melalui diri sendiri dan jangan sekali – kali
E : EARN > Kalau dipuji, sangat sampai terlena tetapi selain diterima dengan kerendahan hati, juga harus mengadakan penganalisaan dan pengevaluasian. Temukan, apakah kiat yang digunakan selama ini sudah sesuai dengan jalur atau perlu perbaikan.
F : FACE > Apapun yang muncul harus dihadapi dengan bijaksana. Jangan lari dari kenyataan karena selain akar permasalahan tidak akan sirna tetapi juga akan memunculkan permasalahan yang baru.
G : GO > Semangat dan maju terus serta setiap rintangan / tantangan yang muncul, dijadikan sebagai salah satu alat motivasi untuk mau / bisa berbuat yang terbaik di masa – masa mendatang. NEVER AND NEVER GIVE UP.
H : HOMEWORK > Jadikan survey data yang up to date sebagai pekerjaan rumah rutin. Melalui ini, akan ditemukan strategi – srategi baru untuk menaklukkan pesaing.
I : IGNORE > Apapun yang diutarakan orang lain, baik dalam bentuk pujian maupun celaan, tanggapi dengan sewajarnya saja dan jangan sampai terpengaruh / terlena. Mawas diri, instrospeksi dan evaluasi adalah sikap yang terbaik dikala mengalami kondisi ini.
J : JEALOUSLY > Jika iri terhadap kelebihan orang lain, tanpa disadari telah mengakui bahwa orang tersebut adalah the winner. Menghadapi kondisi ini, hendaknya semakin termotivasi dan giat meningkatkan kwalitas serta potensi diri.
K : KEEP > Jika gagal, jangan frustasi / kecewa. Jadikan ini sebagai salah satu batu loncatan untuk mendapat yang lebih baik di masa mendatang. Yakin bahwa itu bukanlah akhir dari segala – galanya tetapi bisa saja awal dari keberhasilan.
L : LEARN > Proses pembelajaan jangan sampi terhenti karena segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan, sifatnya adalah dinamis. Jika terhenti maka akan tergilas.
M : MIND > Jangan mencampuri urusan orang lain dan berbuatlah yang terbaik akan apa yang telah direncanakan. Pikiran positif senantiasa dibina dan dikembangkan.
N : NEVER > Ini yang perlu diingat. Dalam situasi / kondisi yang bagaimanapun juga, jangan pernah MENYERAH dan PUTUS ASA.
O : OBSERVE > Jadilah pengamat yang baik. Sumber yang bermanfaat, disaring dan dijadikan acuan / pedoman untuk pencapaian hasil dan yang tidak bermafaat sesegera mungkin disirnakan.
P : PATIENCE > Sabar adalah salah satu kekuatan yang harus dimiliki, yang manfaatnya selain akan meningkatkan kwalitas bathin tetapi juga mencegah terjadinya hal – hal yang arahnya destruktif.
Q : QUESTION > Jika ada yang kurang dimengerti, jangan segan / malu bertanya daripada tersesat. Dari segi moralitas, malu yang harus dihindari adalah malu berbuat jahat.
R : RESPOSIBLE > Apapun yang diperbuat, baik suskes maupun gagal harus berani bertanggung jawab dan tidak lari dari kenyataan.
S : SELF CONFIDENCE, SELF ESTEEM, SELF RESPECT > Ketiga hal ini harus dimiliki agar mudah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab serta tidak bisa diprovokasi oleh siapapun juga.
T : TAKE > Sebelum bertindak, pikirkan terlebih dahulu akan dampaknya. Jika destruktif, segera dihentikan dan yang konstruktif senantiasa ditingkatkan kwalitasnya.
U : UNDERSTAND > Makna kehidupan harus dimengerti dengan baik. Kegagalan dan keberhasilan, tidaklah selalu merefleksikan kebahagiaan atau penderitaan. Apapun yang terjadi, semangat hidup jangan sampai terpengaruh.
V : VALUE > Nilai diri seseorang akan terlihat dari apa yang dia kontribusikan. Jika selalu bertindak secara professional maka nilai diri akan meningkat dan begitu juga sebaliknya.
W : WORK > Dikala kerja, kerjalah seoptimal dan semaksimal mungkin. Dikala istirahat, istirahat juga se – relax mungkin agar energy yang telah terpakai bisa terkumpul kembali untuk melanjutkan pekerjaan yang belum tuntas / selesai.
X : X'TRA > Melaksanakan pekerjaan, jangan terlalu tajam kakulasinya karena semakin banyak yang dikerjakan maka akan semakin banyak pula yang diketahui (pengalaman bertambah), yang mana efek akhirnya adalah kwalitas diri akan semakin meningkat.
Y : YOU > Nach, yang mampu merubah / meningkatkan kwalitas diri / keberhasilan adalah diri sendiri. Tidak mungkin orang lain !
Z : ZERO > Ingat, usaha yang nol akan memberikan hasil yang nol pula.
Success is not only more money, promotion and social status. It is also more happiness, harmonious relationships and spiritual growth” Remez Sasson.

No comments:

Post a Comment