Search This Blog

Saturday, June 18, 2011

Latar belakang IT

Latar belakang IT yang dimiliki Anda akan membantu untuk meningkatkan efisiensi proses kerja SDM di masa depan sehingga Bagian SDM yang ada dapat lebih fokus pada hal-hal yang lebih strategis. 
be well,
Dwika









Belajar HR dari Nol
Salam pak Irwan,

Saya baru diangkat menjadi bagian kepegawaian dan keuangan di salah satu instansi yang bergerak di bidang jasa pendidikan, background saya sebenarnya tidak sama dengan jabatan sekarang ini (Teknik Informatika). Langkah-langkah apa saja yang harus diprioritaskan dengan asumsi kita berjalan dari nol? Terima kasih.
Freya

Jawaban

Halo Freya,

Terima-kasih atas pertanyaannya. Berikut pandangan saya.

Organisasi umumnya memiliki rencana-rencana (strategi) untuk mencapai tujuan-tujuan bisnisnya. Strategi tersebut lalu diterjemahkan ke dalam berbagai bagian organisasi, seperti Strategi Pemasaran untuk Bagian Pemasaran, Strategi Penjualan untuk Bagian Penjualan, maupun Strategi IT untuk Bagian Teknologi Informasi dan lain-lain.

Dengan demikian, sama seperti bagian, divisi, departemen yang lain di dalam organisasi, HR pun juga perlu memiliki strategi sendiri untuk mencapai tujuan-tujuannya. Apa tujuan fungsi HR? Secara umum dan mudahnya: membantu organisasi mencari, mendapatkan, membangun dan memotivasi "manusia-manusia" yang diharapkan sehingga organisasi dapat mencapai visi, misi dan tujuan-tujuan bisnisnya.

Sehingga, yang perlu Freya lakukan adalah membangun "Strategi SDM" bagi organisasi; suatu rencana kerja di dalam 2-3 tahun ke depan mengenai apa yang akan dilakukan oleh Bagian SDM untuk merekrut, membangun, memotivasi SDM-SDM yang dibutuhkan sehingga organisasi dapat mencapai visi, misi dan tujuan-tujuan bisnisnya.

Bisa diibaratkan seperti Indonesia di masa lalu, Freya perlu membangun "REPELITA" bagi bagian yang Freya pimpin. Dan isi "REPELITA" inipun juga ada tahapannya, tergantung tingkat kepentingan dan implikasinya bagi organisasi.

Dengan kata lain, anggap bagian yang Freya pimpin itu sebagai suatu Unit Bisnis tersendiri yang perlu punya tujuan dan strategi dan rencana-kerja. "Gambar besar" ini lah yang perlu dibangun terlebih dahulu sebelum menjalankan berbagai pekerjaan maupun rutinitas yang ada.

Satu persyaratan penting dari pembuatan strategi ini adalah adanya visi, misi dan tujuan organisasi yang jelas terlebih dahulu. Tanpa ini, strategi SDM pun bisa tanpa arah yang jelas.

Di dalam pembuatan strategi SDM, yang perlu dibahas adalah bagaimana strategi organisasi di dalam membangun dan menjalankan berbagai proses-proses di dalam suatu sistem SDM pada umumnya (dari employee recruitment (masuk) sampai employee separation (keluar)) dengan merujuk pada perkembangan dan tujuan organisasi.

Diskusikan pembuatan dan implementasi strategi SDM ini dengan pimpinan organisasi, sehingga mereka bisa melihat hubungan antara apa yang (akan) dilakukan oleh Bagian SDM (maupun Bagian-Bagian lain di dalam organisasi) dengan visi, misi dan tujuan organisasi.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah membangun tim kerja yang dapat membantu Freya menjalankan berbagai strategi dan rencana-kerja yang telah dibangun. Pekerjaan-pekerjaan rutinitas dan administratif HR -- yang sering membutuhkan waktu yang tidak sedikit -- sering menghambat Pemimpin-pemimpin Bagian HR untuk berpikir strategis, sehingga diperlukan tim yang cukup baik dari sisi jumlah maupun kompetensi untuk membantu Freya membangung dan menjalankan strategi yang telah dibangun.

Latar belakang IT yang dimiliki Freya akan membantu untuk meningkatkan efisiensi proses kerja SDM di masa depan sehingga Bagian SDM yang ada dapat lebih fokus pada hal-hal yang lebih strategis.

Sekian dulu pandangan saya dan semoga sukses dengan seluruh rencana kerjanya.

Salam Sejahtera,
IR

No comments:

Post a Comment