Search This Blog

Saturday, June 18, 2011

Perbaiki sistem

Perbaiki sistem atau alat supaya sesuai dengan kualifikasi kandidat yang diharapkan.
be well,
Dwika







Pertanyaan

70% Karyawan Tidak Sesuai Kualifikasi
Saya baru menjabat sebagai HRD manager, tapi 70 % karyawan yang direkrut tidak sesuai spesifikasi yang seharusnya. Bagaimana menyiasatinya?
Iwan Setiawan , Jakarta

Jawaban 

Irwan Rei
Halo Pak Iwan,
Terima-kasih untuk pertanyaannya. Mudah-mudahan saya menangkap pertanyaan Bapak dengan jelas. Berikut masukan dari saya.

Kalau saya boleh bertanya terlebih dahulu, seperti apakah proses, program, sistem maupun alat apakah yang Bapak gunakan untuk mengetahui apakah karyawan yang direkrut sesuai dengan spesifikasi atau tidak?
Misalnya, perusahaan-perusahaan yang telah lebih maju di dalam pengelolaan SDM umumnya memiliki model kompetensi dan dokumentasi mengenai persyaratan kualifikasi bagi kandidat, sebagai alat utama di dalam proses rekrutmen. Alat-alat menggambarkan apa yang penting bagi organisasi, sehingga secara teratur juga dievaluasi dan diperbaiki sesuai dengan perkembangan dan tujuan bisnis organisasi.

Bila proses, program maupun sistem ini sudah ada namun hasilnya tidak sesuai "spesifikasi yang seharusnya", saya lihat ada dua kemungkinan.1) Spesifikasi alat yang digunakan di dalam proses rekrutmen tidak sesuai dengan apa yang Bapak atau perusahaan harapkan, atau belum disesuaikan dengan perkembangan dan tujuan bisnis perusahaan.2) Implementasi atau penggunaan sistem yang belum efektif, sehingga hasilnya memang tidak sesuai kondisi ideal yang diharapkan.

Bila persoalan terletak pada kemungkinan pertama, maka potensi solusinya adalah perbaikan sistem atau alat supaya sesuai dengan kualifikasi kandidat yang diharapkan -- dan yang merujuk pada tujuan-tujuan bisnis perusahaan.Bila persoalan terletak pada kemungkinan kedua, maka perbaikan terletak pada keterampilan dan pengetahuan (pihak-pihak yang terlibat di dalam rekrutmen) maupun komitmen�dalam menggunakan alat rekrutmen yang ada.

Sekian dulu masukan dari saya. Semoga membantu.

Salam,
IR

No comments:

Post a Comment