Search This Blog

Thursday, April 28, 2011

Anda telah sehat kembali

Kalau suatu penyakit telah muncul di tubuh anda, pergilah ke dokter. Tugas anda yang perlu dilakukan adalah bayangkan diri anda telah sehat kembali, bayangkan diri anda beraktifitas seperti biasa. Fokuskan pikiran anda pada kesehatan atau kesembuhan, bukan pada penyakit.
be well,
Dwika





"Anda Dapat Menciptakan Kesehatan Anda Sendiri" 
**Soegianto Hartono 

Apakah anda sering mengeluh bahwa tubuh anda sering dan mudah sakit ?
Apakah anda merasa bahwa menjadi sehat itu butuh biaya yang mahal ?
Apakah anda merasa bahwa kesehatan anda semakin mem-baik ?
Apapun jawaban anda itulah alasan anda, dan alasan tersebut merupakan keyakinan yang anda miliki. Keyakinan inilah yang menentukan keberadaan anda, anda akan menjadi sehat bila anda meyakini bahwa diri anda sehat, sebaliknya anda akan sakit bila anda meyakini bahwa diri anda sedang sakit.
Sebetulnya kesehatan itu adalah produk dari Pikiran anda. Menurut pandangan Barbara Hoberman Livine pada bukunya yang best seller yang berjudul Sehat Berawal dari Pikiran, dikatakan bahwa : anda adalah apa yang anda yakini mengenai diri anda sendiri. Sedangkan menurut pelajaran Neuro Linguistic Programming di katakan bahwa Pikiran dan Tubuh adalah satu sistem. Artinya apa yang kita pikirkan akan mempengaruhi tubuh kita demikian sebaliknya.
Bila pikiran anda jernih, anda sudah pasti akan sehat, namun bila pikiran anda ruwet atau kusut, sudah pasti anda akan mudah menggalami gangguan kesehatan.
Semua orang tentunya menginginkan kesehatan yang baik, karena sehat itu sangat penting bagi setiap orang, bila kita sehat kita bisa merasakan kebahagian dan bersyukur. Untuk bisa sukses dan kaya pun kita perlu memiliki kesehatan yang baik. Tidak enak rasanya kalau punya banyak uang, namun selalu di ganggu dengan berbagai penyakit.
Apakah untuk menjadi sehat itu perlu menggeluarkan biaya yang mahal ? saya kira tidak !. Karena sebetulnya Sehat itu adalah Hak Kita, Hak saya , Hak anda, dan Hak semua orang. Sayangnya sebagian orang suka meremehkan kesehatan ini, dengan memaksakan diri untuk bekerja, berjuang dan berkompetisi di dalam dunia kerja dan lupa beristirahat untuk merawat diri.
Di dalam tubuh kita, sudah tersedia semua sumber daya untuk bisa menjadikan diri kita selalu sehat, asalkan kita mau menggunakannya dengan sebaik – baiknya dan bijaksana.
Bila anda ingin sehat, dan kesehatan itu anda harapkan bisa membawa kesuksesan bagi bisnis dan profesi anda, simaklah tulisan dibawah ini :
  1. Gambarkan dan bayangkan bahwa anda sebagai orang yang sangat sehat, orang yang energik, dan selalu bersemangat. Disinilah anda membangun Citra Diri anda sendiri. Semakin baik anda mengambarkan diri anda, semakin ada menyukai dan menyenanginya, semakin baik Citra Diri anda, dan akan semakin sehat lah tubuh anda. Dalam penggambaran ini tentunya anda harus bisa merasakan apa yang sedang anda gambarkan dalam pikiran anda itu, sebab pikiran yang di perkuat oleh perasaan yang nyaman atau gembira adalah daya kekuatan yang mendatangkan atau menarik situasi atau kondisi yang anda harapkan itu. Kalau anda yakin dan merasa sehat, tentu anda akan sehat, tetapi bila anda merasa fisik anda lemah, maka dengan sendirinya anda akan mudah terserang sakit. Anda bebas memilih keyakinan mana yang akan anda anut atau pegang, karena apa yang anda yakini di dalam diri anda, akan ter-manifestasikan di luar diri anda. Sebaiknya berpikirlah bahwa anda sehat, maka anda akan benar-benar mengalami nya.
Jadi citra - citra ini, memegang peran penting bagi kesehatan anda, maka berhati-hatilah dalam menggambarkan tentang diri anda sendiri, sebab apapun yang kita bayangkan dan ucapkan sesungguhnya adalah doa-doa kita.
  1. Relaksasi.
Bekerja itu perlu agar kita bisa mencapai apa yang kita inginkan dan meraih keberhasilan, namun sebetulnya kita butuh keseimbangan antara Fisik, Mental, Emosional dan Spiritual, untuk itu pada saat-saat tertentu kita seharusnya menarik diri dari semua kesibukan kita dan melakukan penyegaran , sehingga energi kita tetap konstan dan bahkan bisa semakin membesar. Sehingga tentunya tubuh anda akan menjadi lebih sehat. Lakukan relaksasi minimal 15 menit, sehari dua kali. Lepaskan semua pikiran anda ketika anda melakukan relaksasi.
Agar anda bisa berlatih untuk rileks, ikuti saran ini : sekarang duduk lah rileks, pejamkan mata dan tenangkan pikiran anda, tarik nafas yang dalam dan tahan lalu hembuskan melalui mulut, dan lakukan pernafasan ini beberapa kali, lalu tenangkan tubuh anda, abaikan semua pikiran-pikiran yang muncul, nikmati ketenangan tersebut. Bayangkan pengalaman masa lampau anda, dimana anda pernah mengalami keadaan sedang bersemangat, ber-energi atau sukses mengejakan sesuatu pekerjaan. Dan rasakan perubahan apa yang anda dapatkan.
Dengan melakukan relaksasi ini, kesegaran tubuh anda akan pulih kembali, pikiran anda juga akan menjadi lebih tenang. Dan manfaat yang terbesar adalah kesehatan tubuh anda secara keseluruhan akan membaik.
  1. Meditasi satu menit.
Karena terlalu sibuk bekerja atau terlalu banyak hal-hal yang di pikirkan, biasanya kita tidak pernah mengetahui apakah kita sedang bernafas atau tidak. Kita kurang menyadari pernafasan kita sendiri, dan menganggapnya itu sudah otomatis. Latihan ini bertujuan untuk menyadari keberadaan nafas selama satu menit, dan di lakukan pada saat anda sedang bekerja.
Pada waktu anda bekerja, sisihkan waktu selama satu menit untuk setiap jam guna menyadari keberadaan nafas anda. Caranya : duduklah rileks, pejamkan mata anda, mulailah menarik nafas, dan hembuskan. Fokuskan perhatian anda pada nafas masuk dan nafas keluar. Sadari bahwa anda sedang bernafas, rasakan nafas itu. Lakukan pernafasan ini hingga satu menit. Ketika anda melakukan latihan ini lupakan semua pikiran anda, lupakan kesibukan anda. Untuk mengetahui sudah berapa lama anda melakukan latihan ini, sebaiknya anda menghitung dari 1 s/d 15 kali pernafasan, ini sudah sama dengan satu menit.
Saya menyarankan kepada anda untuk menggunakan latihan relaksasi dan meditasi satu menit ini sebagai gaya hidup anda sehari-hari. Hanya dengan mendisiplinkan diri anda sendiri untuk berlatih secara teratur anda akan mendapatkan manfaat yang besar bagi kesehatan anda.
  1. Isilah terus-menerus pikiran anda dengan pemikiran-pemikiran yang positif. Dalam keadaan apa pun upayakan untuk senantiasa berpikiran positif, karena hanya pemikiran positif inilah yang bisa membuat kondisi fisik kita menjadi sehat. Sedangkan pemikiran-pemikian yang negatif sebetulnya sangat merugikan bagi kesehatan fisik, mental, emosional dan spiritual.
  1. Tidur malam. Usahakan tidur malam dalam keadaan nyenyak dan pulas. Ini sangat penting bagi kesehatan kita. Kualitas tidur malam yang baik juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kita. Jadi kualitas tidur malam tidak hanya di ukur dari lamanya kita tidur, namun lebih penting dari itu adalah kondisi pulas dan nyenak juga penting.
  1. Kalau suatu penyakit telah muncul di tubuh anda, pergilah ke dokter. Serahkan semua permasalah sakit anda kepada dokter dan jangan lagi mencemaskan. Biarkan dokter yang mengurus kesembuhan anda. Karena dengan mencemaskan maka penyakit itu akan sulit untuk sembuh. Tugas anda yang perlu dilakukan adalah bayangkan diri anda telah sehat kembali, bayangkan diri anda beraktifitas seperti biasa. Fokuskan pikiran anda pada kesehatan atau kesembuhan, bukan pada penyakit.
Demikianlah langkah-langkah yang bisa anda gunakan untuk membangun kesehatan fisik anda menjadi lebih baik. Bila anda bersedia meluangkan waktu untuk melakukan latihan ini setiap hari, anda pasti akan mendapatkan manfaat yang anda harapkan.
Akhir kata, tak kenal, tak sayang, bila anda tidak mencoba, tentu anda tidak akan menyayanginya, dan ketika anda telah mendapatkan manfaat bagi diri anda, semakin bersemangat anda melatihnya, dan semakin sehat tentunya.
Semoga kesehatan anda semakin meningkat.
Salam bahagia dan sejahtera.

Soegianto Hartono

No comments:

Post a Comment