Search This Blog

Saturday, April 30, 2011

Bertahan dalam kondisi ekonomi apapun

Investas mesti berpatokan pada analisis fundamental perusahaan. Dalam jangka panjang, perusahaan yang baik akan bertahan dalam kondisi ekonomi apapun.
be well,
Dwika


Warren Buffet Ways, Jalan Si Trilyuner

warren buffet.06.26.06 lrg Warren Buffet Ways, Jalan Si TrilyunerSiapa tidak kenal Warren Buffet, master investasi yang bertengger sebagai orang terkaya di dunia, menggeser posisi Bill Gates.
Cara investasi yang dipraktikkan Buffet diberi nama Value Investing. Prinsip ini bertumpu pada 4 hal: Bisnis, Manajemen, Finansial, dan Pasar.
Prinsip Bisnis
Membeli bisnis yang sederhana dan mudah dimengerti serta memiliki sejarah operasi yang konsisten dan prospek jangka panjang yang baik.

Prinsip Manajemen
Memiliki jajaran manajemen yang rasional, jujur, dan tidak ikut-ikutan perilaku aneh manajeman perusahaan lain. Ringkasnya, manajemen harus mengalokasikan uang perusaaan pada investasi yang memberikan nilai tambah bagi pemegang saham. Bila perusahaan sudah tidak memiliki lagi alternatif investasi seperti itu maka manajemen mesti mengembalikan uang kepada pemegang saham dalam bentuk dividen atau membeli kembali saham-saham, bukan ikut-ikutan ekspansi dalam industri baru yang belum jelas.
Prinsip Finansial
Berfokus pada marjin laba, Return On Equity (ROE) dan alur kas bersih yaitu penghasilan bersih ditambah biaya bukan tunai seperti depresiasi, dikurangi pengeluaran barang modal (capital expenditure) serta tambahan modal kerja.
Prinsip Pasar
Membeli saham pada harga yang jauh berada di bawah harga wajar hasil dari analisis fundamental menggunakan pendekatan ‘going concern’ (perusahaan tetap beroperasi sehat dalam jangka panjang). Selisih antara harga pasar dan harga wajar berfungsi sebagai ‘margin of safety’ yang akan mengurangi potensi kerugian akibat kesalahan perhitungan. Selain itu, margin ini akan menjadi salah satu sumber keuntungan bila harga saham kembali ke nilai awal.
Satu lagi nasehatnya, jangan terlalu khawatir pada situasi ekonomi saat berinvestasi. Investas mesti berpatokan pada analisis fundamental perusahaan. Dalam jangka panjang, perusahaan yang baik akan bertahan dalam kondisi ekonomi apapun.

No comments:

Post a Comment