Search This Blog

Thursday, April 28, 2011

Ciptakan kehidupan Anda

Kalau anda ingin hidup sesuai keinginan anda, ciptakan kehidupan anda sendiri. Proses penciptaan itu terjadi, di awali dari penciptaan secara mental dan dilanjutkan dengan tindakan nyata. Kita mampu mencapai kehidupan yang lebih baik, lebih sukses, lebih bahagia dengan memanfaatkan anugerah-anugerah yang telah di berikan Tuhan kepada kita.
be well,
Dwika





"Anda Adalah Sang Pencipta" 
by Soegianto Hartono 

Stephen R Covey menuliskan dalam bukunya The Seven Habits of Highly Effective People bahwa manusia di anugerahi empat hal, yaitu Kesadaran Diri, Imajinasi, Hati Nurani dan Kehendak Bebas. Ke-empat anugerah ini sangat bermafaat bagi manusia dan tentunya Tuhan menghendaki semua manusia ciptaannya menjadi Sukses. Dengan memanfaatkan ke-empat anugerah ini di harapkan setiap orang – tanpa kecuali - bisa mencapai apa yang di inginkan dan sukses dalam mencapai impian-impiannya.
Melalui kesadaran diri, manusia seharusnya menyadari bahwa dirinya bisa sukses – kesadaran akan kesuksesan – karena inilah yang di kehendaki oleh Tuhan. Sedangkan lewat Imajinasi, manusia seharusnya bisa membayangkan apa yang ingin di capai, di miliki, di lakukan dan menjadi sesuai yang di inginkan. Nah … sekarang pejamkan mata, bayangkan diri anda ingin menjadi , memliki dan melakukan apa yang anda inginkan. Apakah yang anda bayangkan itu menyenangkan serta memberikan gairah dan semangat bagi anda ?
Manusia memiliki Kehendak Bebas, dimana setiap manusia diberikan kebebasan untuk memilih dan menentukan apa yang di inginkan, mungkin anda ingin menjadi pengusaha sukses, atau menjadi profesional bidang Manajemen yang sukses, semuanya terserah anda untuk memilihnya dan yang penting anda menyukai nya dan anda bisa berbahagia pada bidang pekerjaan anda.
Anugerah yang terakhir adalah Hati Nurani, dimana setiap langkah anda akan di pandu oleh hati nurani anda, bila anda merasakan perasaan nyaman, senang, gembira itu berarti anda sudah selaras dengan apa yang anda inginkan, sedangkan bila anda merasakan perasaan negatif, maka anda sedang memikirkan sesuatu yang bertentangan dengan ke-inginan anda. Melalui Sensory Acuity yang ada di dalam diri anda, anda bisa memantau perasaan-perasaan apa saja yang muncul. Jika anda mengalami perasaan-perasaan yang tidak nyaman, anda mempunyai kemampuan untuk merubahnya, dan gunakan itu untuk kebaikan diri anda.
Sesungguhnya Nurani ini bertindak sebagai Kompas Kehidupan anda, dia akan memandu anda, mengarahkan dan memberikan umpan balik sehingga anda berada pada arah yang benar.
Jadi manfaatkan ke-empat anugerah ini dengan sebaik-baiknya dan bijaksana, agar anda bisa mengalami kehidupan yang membahagiakan, penuh dengan keberhasilan dan sejahtera.
Segalanya di ciptakan dua kali demikian di katakan oleh Stephen R Covey, oleh karena itulah anda harus merancang kehidupan anda sendiri sesuai dengan yang anda inginkan. Lebih baik anda memilih kehidupan anda sendiri daripada orang lain yang memilihkan bagi anda, karena andalah yang akan menjalani kehidupan itu. Jadi anda adalah sang pencipta bagi nasib dan kehidupan anda sendiri. Bila anda tidak menentukan nasib anda sendiri. Maka orang lain yang akan menentukan masa depan anda, dengan demikian keberhasilan dan kebahagiaan ada akan di atur dan ditentukan oleh orang lain. Terdapat dua syarat yang harus anda penuhi untuk menciptakan kehidupan anda sendiri, yaitu yang pertama adalah kreasi metal, dan yang kedua adalah kreasi fisik.
Kreasi Mental :
Dengan kesadaran yang anda miliki – anda menyadari bahwa kehidupan anda ada di tangan anda sendiri – gunakan hak anda untuk memilih kehidupan anda sendiri. Anda harus menghargai kehendak bebas yang telah di anugerahkan kepada anda. Untuk bisa menentukan pilihan anda dengan tepat dan sesuai dengan keinginan anda, pergunakan imajinasi anda untuk mensimulasikan seperti apa kehidupan yang anda inginkan, rubah dan modifikasi gambaran mental yang anda kembangkan di dalam pikiran anda sampai anda menemukan suatu gambaran yang benar-benar sesuai dengan keinginan anda. kemudian konsultasikan dengan hati anda, temukan keselarasan antara keinginan anda dengan keinginan hati anda. Bila anda menemukan pertentangan antara keinginan dengan hati anda, lakukan perubahan dan penyesuaian sampai benar-benar selaras. Biasanya keinginan hati anda itu merupakan panggilan hidup anda, dan kebanyakan seseorang yang bekerja berdasarkan panggilan hidup ini akan bekerja dengan sungguh-sungguh dengan mengekspresikan bakat serta kemampuan yang di milikinya. Inilah yang seharusnya anda temukan dari dalam diri anda, dengan demikian anda akan mengalami sukacita dalam bekerja.
Sekarang putuskan dan tetapkan, anda ingin menjadi, melakukan dan memiliki apa dalam kehidupan anda. Tentukan anda ingin menjadi Siapa atau apa yang anda inginkan; apa tujuan dan sasaran yang ingin anda capai dalam kehidupan anda; lalu bertanyalah bagaimana anda bisa mencapai sasaran serta tujuan anda dan tulisakan jawaban-jawaban anda itu.
Disini anda membangun suatu Citra Diri yang anda yakini dan anda terima sebagai Diri anda yang hakiki. Apa yang anda bangun pada diri anda, maka disitulah nasib anda berada. Jika anda melakukan seperti ini anda sudah pasti akan merasa memiliki kendali pada diri anda sendiri.
Kreasi mental yang anda ciptakan ini akhirnya akan menjadi Mental Blue-print ( cetak biru ) kehidupan anda dan berdasarkan Mental Blue-Print ini anda menjalani kehidupan anda sendiri. Untuk memperkuat kesadaran dan rasa percaya diri, setiap hari bayangkan dan rasakan bahwa anda telah mencapai sasaran atau tujuan anda itu, semakin sering anda membayangkan lama kelamaan gambaran mental itu semakin kuat tertanam di dalam pikiran, dengan demikian keyakinan anda pun ikut meningkat.
Kalau anda sabar, fokus dan tekun mempertahankan gambaran mental tersebut, maka anda akan merasapercaya pada diri sendiri. Jika anda percaya maka anda akan mampu mencapainya, karena Ralp Waldo Emerson, seorang filsuf terkemuka pernah mengatakan kunci utama kesuksesan adalah percaya pada diri sendiri.
Kreasi Fisik - Tindakan :
Anda tidak mungkin bisa mencapai apa yang anda inginkan hanya dengan duduk berpangku tangan. Anda harus bertindak, dan dari tindakan inilah hasil yang anda harapkan akan muncul.
Untuk mewujudkan mental blue-print menjadi kenyataan di butuhkan tindakan-tindakan nyata. Tindakan itu akan terjadi bila kita memilki rasa percaya diri, semangat, dan keberanian untuk merealisasikannya.
Tindakan yang kita lakukan harus mengarah pada sasaran yang kita tuju, namun demikian kadang kita bisa menyimpang dalam melakukan tindakan, oleh karena itu kita juga harus membentuk rasa peka ( sensory acuity ) pada diri kita agar kita mudah untuk mengenali apakah tindakan yang kita lakukan itu sudah benar atau menyimpang dari sasaran.
Setiap hari lakukan evaluasi akhir hari untuk mengetahui keakuratan tindakan-tindakan yang kita lakukan.
Demikian proses penciptaan itu terjadi, di awali dari penciptaan secara mental dan dilanjutkan dengan tindakan nyata. Kita mampu mencapai kehidupan yang lebih baik, lebih sukses, lebih bahagia dengan memanfaatkan anugerah-anugerah yang telah di berikan Tuhan kepada kita.
Kalau anda ingin hidup sesuai keinginan anda, ciptakan kehidupan anda sendiri.
Salam bahagia dan sejahtera.

Soegianto Hartono

No comments:

Post a Comment