Search This Blog

Saturday, April 2, 2011

Motivasi utama konsumen

Kenali, Dimana konsumen biasa membeli produk/jasa yang serupa dengan produk/jasa Anda.  Siapa pengambil keputusan pembelian dan yang mempengaruhi proses pembelian merek. Apa kebiasaan konsumen Anda. Apa motivasi utama konsumen Anda saat membeli produk/jasa.
be well,
Dwika - Manging Consultant




Kenali Konsumen Potensial Anda PDF Print E-mail
by Indoentrepreneur   
peluang-usaha-bisnis-saingan

Kenali konsumen potensial adalah langkah awal untuk tingkatkan penjualan bisnis Anda. Tahu siapa konsumen Anda, produk/jasa apa yang mereka inginkan dan apa yang memotivasi mereka untuk membeli produk/jasa tersebut.
Bedakan antara apa yang “diinginkan” dengan yang “dibutuhkan”. Orang biasanya tidak selalu membeli apa yang semestinya dibutuhkan, tapi mereka lebih sering membeli apa saja yang “diinginkan” (biarpun harus terpaksa membayar dengan kartu kredit alias berhutang). Awalnya hanya akan membeli sepatu dan akhirnya mereka pulang dengan membawa kantong belanja berisi sepatu, baju, aksesoris, jajanan, dll. Sounds familiar huh?
Untuk lebih mengenali konsumen potensial, Anda perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Dimana konsumen biasa membeli produk/jasa yang serupa dengan produk/jasa Anda ? (Misal: di toko kelontong, minimarket, swalayan, door-to-door sales, dll)
-  Siapa pengambil keputusan pembelian dan yang mempengaruhi proses pembelian mereka ? (misal: suami/isteri, agen penjualan, pimpinan proyek, sekretaris, dll)
-  Apa kebiasaan konsumen Anda? Misal, apa sumber informasi mereka (televisi, koran, majalah, dll)
-  Apa motivasi utama konsumen Anda saat membeli produk/jasa (misal, mengurangi berat badan, lebih sehat, tambah kaya, punya penampilan yang menarik, dll)

No comments:

Post a Comment