Search This Blog

Saturday, April 2, 2011

Kebutuhan dan keinginan

Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jaga aktifitas kehidupan kita, terutama yang mempunyai kaitan dengan keuangan keluarga. Seringkali hutang diperoleh akibat dari gaya hidup yang konsumtif.
be well,
Dwika - Managing Consultant



Keuangan : Kartu Kredit untuk Modal Usaha? PDF Print E-mail
by Indoentrepreneur   
foto-keuangan-kartukredit-modalAnda bisa menggunakan kartu kredit untuk sumber modal usaha HANYA jika bisnis anda beresiko kecil dan modal bisa kembali dalam waktu yang singkat (lebih cepat daripada jatuh tempo perhitungan bunga kartu kredit).
Daripada menggunakan kartu kredit, lebih baik anda mencari partner bisnis sebagai penyandang dana. Bisa saudara atau rekan kerja anda.
Buat perjanjian bagi hasil berdasarkan prinsip saling menguntungkan antara anda dan partner bisnis anda. Dan, anda pun bisa berbisnis tanpa harus terbelit bunga bank yang tidak perlu.
Tips menggunakan kartu kredit, cicilan atau angsuran pelunasan dari total utang yang dimiliki nilainya tidak boleh lebih dari 35% Total Pendapatan.
Selain itu, tentunya total utang harus lebih kecil dari nilai total kekayaan atau harta atau aset yang kita miliki, jika lebih kecil maka secara teori kita sudah dalam posisi Bangkrut.
Jaga aktifitas kehidupan kita, terutama yang mempunyai kaitan dengan keuangan keluarga. Seringkali hutang diperoleh akibat dari gaya hidup yang konsumtif. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan.
Pahami fungsi kartu kredit dan rubah cara pemakaian kartu kredit. Fungsinya adalah sebagai alat pembayaran, bukan sebagai sumber dana. Sangat efisien, praktis dan aman dibandingkan jika harus membawa uang tunai dalam jumlah besar.
Gunakan kartu kredit hanya untuk kepraktisan misalnya dalam belanja rutin, kebutuhan darurat atau saat pergi berlibur untuk bayar hotel, paket tour, beli souvenir, makan, transportasi dan lain-lain.
Jangan sekali-kali mengambil hutang jenis kebutuhan yang tidak penting.

No comments:

Post a Comment