Search This Blog

Saturday, October 29, 2011

Aktuaria

Aktuaria adalah “Matematika Asuransi”.
be well,
Dwika


Sekilas Tentang “Aktuaria”

**duniadianita.wordpress.com
Aktuaria, kata yang telah saya sebutkan di artikel pertama saya ketika membuat blog ini. Aktuaria tepatnya adalah jurusan yang saya ambil saat kuliah Diploma di Universitas Indonesia. Awal mulanya saya tidak tahu apa-apa mengenai aktuaria sampai pada akhirnya saya lulus D3 dan bekerja dibagian aktuaria di salah satu perusahaan asuransi tertua di Indonesia, saya sedikit demi sedikit mengerti “esensi” dari profesi aktuaris tersebut.
Saat ditanya oleh beberapa orang pertanyaan yang masih saya ingat sampai sekarang “Apa seh aktuaria ?” ya… saya selalu menjawab dengan singkat pertanyaan tersebut “Matematika asuransi”. Orang akan menjadi tahu sedikit tentang kata tersebut. Dimanapun dan kapanpun orang selalu bertanya tentang jurusan kuliah saya itu, sampai terkadang saya malu dengan jurusan yang saya ambil itu. hehehe;p, tapi sekarang saya sangat tidak malu, saya bangga dengan pendidikan yang telah saya tempuh selama 3 tahun yang bekaitan dengan bidang aktuaris, yah lagi-lagi karena saya adalah orang yang beruntung mengetahui tentang ilmu tersebut, yuppp dikarenakan dari banyak penduduk Indonesia hanya segelintir kecil yang mengetahuinya. Beruntung sekali saya mengetahui sesuatu yang sangat menjanjikan dan masih dapat dikatakan langka.
Statistik 1 2 3, Matematika Dasar, Matematika Asuransi, Ekonomi, Demografi dan lainnya adalah mata kuliah atau pelajaran-pelajaran yang saya pelajari selama kuliah di jurusan tersebut. Jadi sangat tepat jika saya menjawab pertanyaan orang-orang mengenai apa itu aktuaria ” Matematika Asuransi”. Karena memang hampir seluruh mata kuliah berkaitan dengan hitung-hitungan (matematika).
Sempat keteteran mengikuti perkuliah, secara saya tidak begitu mahir dan tertarik dengan matematika. Tapi saya coba mengikutinya, dan bersyukurlah saya karena diajar oleh dosen-dosen yang notabene orang-orang penting di dunia asuransi seperti mantan direktur AJB Bumiputera 1912 dan orang-orang penting lainnya. So…saya berhasil lulus tepat waktu dan dengan hasil yang bisa dibilang memuaskan menurut takaran saya. Dan beruntunglah saya karena langsung ditawari kerja di departemen Aktuaria AJB Bumiputera 1912.
FYI, Aktuaris adalah gelar profesi yang disandang oleh orang-orang yang telah lulus mengikuti serangkain tes yang diselengarakan oleh PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia). Bisa dilihat situsnya di http://www.aktuaris.org/ . Sampai dengan saat ini Aktuaris di Indonesia masih sangat sedikit dibanding lapangan pekerjaan yang sangat banyak (terdapat kurang lebih 90 perusahaan asuransi di Indonesia).  So…sangat menjanjikan sekali untuk berkarier dibidang tersebut.
Baru saja saya membuka salah satu blog teman saya yang merupakan lulusan Matematika Universitas Indonesia, Amri Ilmma. Dia menceritakan sedikit tentang aktuaria yang merupakan salah satu mata kuliah peminatan dari jurusan matematika. Yups..”Bagi yang bercita-cita untuk menjadi aktuaris, maka ini adalah pilihan yang cocok. Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu matematika, keuangan, dan teori statistika untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual. Salah satu pekerjaannya adalah bagaimana menentukan rate premi asuransi.” penjelasan singkatnya mengenai aktuaria.
Terdapat salah satu yang informasi yang sangat menarik ditulisannya yang berjudul “Matematika : Apa, bagaimana, dan  mau jadi apa ?” :
“CareerCast meniliti tentang 200 pekerjaan terbaik dan terburuk di Amerika tahun 2010 berdasarkan 5 kategori utama, yaitu tingkat pendapatan, prospek pekerjaan, lingkungan kerja, tingkat stress, dan tuntutan fisik. Penelitian tersebut menggunakan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika, Sensus, dan Studi Asosiasi Dagang. Berikut adalah ranking teratas dari 200 pekerjaan yang diteliti”
Data  ini jelas sangat mendukung pernyataan awal saya bahwa profesi aktuaris sangat menjanjikan. Dan jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang aktuaria bisa bertanya dengan saya atau lihat blog teman saya Amri Ilmma..
So…bagi yang menyukai matematika gak ada salahnya mencoba bidang ini. ^_^

No comments:

Post a Comment