Search This Blog

Saturday, October 29, 2011

Mendatangkan kebersamaan

Tidak ada hal lain selain tertawa dan tersenyum yang bisa mendatangkan kebersamaan. Selain itu, jika kalian benar-benar teman, kalian bisa tertawa bersama.
be well,
Dwika

10 Langkah Menjadi Sahabat Terbaik

oleh: UjangRyan     



  • Ikuti langkah-langkah berikut ini maka kamu akan menjadi sahabat terbaik bagi temanmu. Dalam artikel aslinya ada 17 langkah namun karena ada beberapa pengulangan maka dalam penulis ringkas jadi 10 langkah.
    1. Jadilah teman terbaik bagi dirimu sendiri terlebih dahulu. Pelajari cara untuk menghormati diri sendiri. Tentukan batas-batas apa yang penting bagi kamu dan hargailah. Pahami nilai-nilai apa yang penting bagi kamu, pegang erat dan carilah teman yang menghormati nilai-nilai kamu itu.
    2. Jadilah setia. Tetaplah bersama teman kamu ketika mereka membutuhkannya. Hargai juga saat-saat ketika mereka ingin sendiri. Percayai teman kamu . Pahami batas-batas mereka dan berkata "tidak" ketika kamu sendiri memang perlu untuk mengatakannya dengan tetap sebagai teman mereka.
    3. Dengarkan. Tak seorang pun suka sahabat yang hanya berbicara dan berbicara, tetapi tidak pernah mendengarkan. Jika Kamu cerewet, tidak apa-apa jika kamu juga pendengar yang baik. Setiap kali teman terbaik kamu mengatakan sesuatu, dengarkan hati-hati dan mengatakan sesuatu. Jangan hanya mengatakan "ya" dan lanjutkan. Jangan menginterupsi atau gelisah terus-menerus ketika mereka sedang berbicara dengan Kamu. Jika mereka meminta nasihat, dengarkan baik-baik dan memberi mereka nasihat terbaik yang dapat kamu berikan.
    4. Dapat dipercaya. Jika mereka memberitahu kamu sebuah rahasia, jagalah, jangan sekalikali memberitahu seseorang tentang rahasia itu. Bahkan tidak memberitahukannya juga kepada seseorang yang kamu tau dapat kamu percaya. Rahasia adalah rahasia. Jangan bergosip tentang teman terbaik kamu, tidak mengatakan apa pun yang mungkin berubah menjadi rumor, dan tidak melakukan hal-hal yang kamu tahu akan mengganggu mereka.
    5. Selalu membela mereka. Jika teman terbaik kamu diganggu orang dan kamu takut kamu akan mendapatkan masalah jika kamu ikut terlibat, carilah bantuan dari orang lain, guru atau orang tua. Jika kamu dapat membela mereka tanpa merugikan diri sendiri, maka lakukanlah.
    6. Luangkan waktu bersama. Nongkrong di akhir pekan atau selalu merencanakan kegiatan bersama-sama, melakukan beberapa pekerjaan rumah bersama-sama, dan ngobrol selama waktu istirahat di sekolah. Kamu tidak harus hidup di saku orang lain, tetapi pastikan kamu menghabiskan waktu yang berkualitas bersama-sama dengan teman terbaik kamu untuk membuat persahabatan tumbuh dan menjadi lebih kuat.
    7. Jadilah diri sendiri. Menjadi diri sendiri di sekitar seseorang adalah bagian dari apa yang membuat kalian teman terbaik. Kamu adalah dirimu sendiri, dan teman terbaik kamu akan menerima itu. Tidak ada gunanya menjadi orang lain agar bisa dekat dengan seseorang. Terbukalah, jika ada perasaan tidak nyaman atau tidak suka terhadap teman kamu, bicarakanlah. Buatlah semua senyaman mungkin antara kalian berdua.
    8. Peduli terhadap teman terbaik kamu. Jika mereka berada jauh dari rumah, kirimkan mereka kartu atau paket untuk menunjukkan bahwa kamu peduli. Jika mereka sakit, hubungi mereka dan tanyakan bagaimana keadaan mereka. Teman terbaik peduli satu sama lain. Tunjukkan pada mereka kamu menghargai kehadiran mereka dalam hidup kamu. Berbagi cerita kamu sendiri, tapi pastikan juga kamu punya waktu untuk mereka.
    9. Jangan berharap. Jika kamu mempunyai bayangan apa itu peran sahabat, kamu akan kecewa dan frustrasi. Teman terbaik adalah salah satu teman paling berharga yang kamu miliki, tetapi mereka tidak dapat membantu atau mendukung kamu dalam setiap aspek kehidupan kamu. Jangan mengharapkan mereka untuk selalu ada, atau mengharapkan mereka untuk mengatakan hal yang ingin kamu dengar.
    10. Berbagi tertawa. Tidak ada hal lain selain tertawa dan tersenyum yang bisa mendatangkan kebersamaan. Selain itu, jika kalian benar-benar teman, kalian bisa tertawa pada hal-hal paling bodoh dan paling lucu.



  • Sumber:

    No comments:

    Post a Comment