Search This Blog

Sunday, October 23, 2011

Kesempatan emas


30 Menit dalam 30 Detik

Oleh: Ditto, BIZRESULT Sales and Service Specialist
Jika anda seorang pengusaha yang sedang merintis usaha dan membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha anda. Suatu ketika anda berada di dalam sebuah lift hotel tempat anda menginap, di tengah perjalanan, lift anda terhenti, dan ketika pintu terbuka masuklah seseorang yang anda kenal sebagai bankir tempat anda mengajukan proposal,
Atau anda sebagai penjual yang telah melakukan pendekatan cukup lama dengan key account anda. Sebenarnya key account itu telah setuju untuk membeli namun ia terhalang oleh ketidaksetujuan atasannya. Seusai pertemuan dengan klien tersebut anda menuju koridor keluar dimana disitu ternyata hanya ada anda dan atasan klien anda,
Atau mungkin anda adalah seorang penanggung-jawab proyek di organisasi anda yang menemukan sebuah konsep yang berpotensi menghasilkan pendapatan milyaran rupiah bagi organisasi anda. Setelah anda selesai melakukan presentasi proyek anda, dalam perjalanan di tangga turun anda mendapat CEO organisasi anda juga berjalan di tangga itu persis di sisi kiri anda.
Untuk masing-masing situasi tanyakan diri anda, Apa yang akan anda lakukan?
Kegagalan meraih beberapa menit waktu dengan prospek potensial yang adalah pembuat keputusan penting sama artinya dengan melepaskan peluang menjual. Dan banyak penjual yang masih sering mengalaminya.
Masalahnya, kita seringkali tidak siap untuk menghadapi situasi tersebut. Kita bahkan belum pernah memikirkannya, apa lagi untuk menyiapkan diri dan melatih apa yang akan dilakukan.
Hasilnya, ketika seharusnya bisa mengambil kesempatan emas yang datang, kita ternyata membiarkannya berlalu begitu saja.
Mereka yang sukses bahkan mampu meyakinkan pelanggan yang paling sibuk sekalipun untuk memberikan 30 menit waktu mereka hanya dalam waktu 30 detik. Maneuver setengah menit ini biasa dikenal dengan elevator pitch. Ini didasari asumsi bahwa ketika kita kebetulan bertemu dengan prospek dalam sebuah elevator, waktu kita untuk meyakinkan prospek tersebut adalah sepanjang perjalananelevator itu.

APA ITU ELEVATOR PITCH?

Elevator pitch merupakan beberapa hal sekaligus. Ia bisa merupakan alat komunikasi, yang membantu anda mengartikulasikan maksud dan pesan anda. Ia bisa merupakan alat jualan anda, memungkinkan anda meraih uang, dan dukungan yang anda perlukan untuk meraih sukses. Namun penting juga untuk disadari bahwa elevator pitch juga merupakan alat pengajaran.
Secara umum definisi dari elevator pitch adalah memberikan ulasan tentang ide, produk, orang, atau hal lain dan dirancang untuk membuat pembicaraan dimulai.
Dengan demikian elevator pitch ini dirancang untuk memegang peranan utama; sebagai pengenal tingkat tinggi dan mendasar tentang apa yang anda jual.
Jika anda ingin sukses, anda perlu membuat nyaman pendengar; anda perlu memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengikuti arah pembicaraan anda.
Walaupun menutup penjualan adalah hal yang penting, hal ini tidak berarti jika pendengar anda tidak memahami apa yang anda katakan dan mengapa mereka harus dengarkan.

BAGAIMANA CARANYA?

Beberapa saran berikut bisa dijadikan panduan berguna bagi kita dalam membuat dan melatih penggunaan elevator pitch.
  1. Informasi yang ”memadai” Elevator pitch yang efektif adalah yang memberikan informasi yang CUKUP pada audiens sehingga mereka mengerti apa yang anda katakan dan ingin tahu lebih banyak. Selain itu elevator pitch juga dirancang untuk TIDAK memberikan pendengar informasi yang TERLALU BANYAK sehingga mereka merasa kewalahan (dan melemahkan tujuan anda). Kedua hal ini bisa diibaratkan segelas air dan seember penuh air.
  2. Mulailah sebuah percakapan, kebanyakan salah pengertian orang tentang elevator pitch adalah bahwa ini merupakan upaya menyelesaikan atau menutup penjualan. Hal inilah yang menyebabkan apa yang mereka lakukan menjadi tidak efektif. Ingatlah bahwa tujuan utama dari elevator pitch adalah ketertarikan pendengar dalam sebuah percakapan.
  3. Melihat dari Sudut pandang Pendengar, karena pada akhirnya pendengar andalah yang akan menentukan apakah apa yang anda sampaikan bermanfaat atau tidak bagi mereka dan seberapa besar manfaat itu.
  4. Singkat, padat, dan Tegas, ketiga elemen inilah yang menentukan sukses atau tidaknya sebuah elevator pitch. Singkat berarti informasi yang disampaikan dapat di keluarkan dalam waktu beberapa detik saja, padat berarti apa yang disampaikan adalah penting, dan tegas berarti informasi itu mengesankan keyakinan dan tidak ambigu atau menimbulkan banyak pertanyaan.
Langkah selanjutnya, dan merupakan langkah yang paling menentukan adalah LAKUKAN dan LATIH sesering mungkin sehingga hal ini menjadi hal yang alami bagi anda.
Kini senjata anda bertambah, Selamat menjual!!

No comments:

Post a Comment