Prestasi dalam belajar merupakan dambaan bagi setiap orangtua terhadap anaknya. Prestasi yang baik tentu akan diperoleh dari proses belajar yang baik juga. Belajar merupakan proses dari sesuatu yang belum bisa menjadi bisa, dari perilaku lama ke perilaku yang baru, dari pemahaman lama ke pemahaman baru.
Dalam proses belajar, hal yang harus diutamakan adalah bagaimana anak dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan rangsangan yang ada, sehingga terdapat reaksi yang muncul dari anak.
Perlunya perhatian faktor lingkungan dapat mempengaruhi proses belajar. Suasana yang nyaman dan kondusif mengakibatkan proses belajar akan menjadi lebih baik.Termasuk juga keaktifan proses mental untuk sering dilatih, sehingga nantinya menjadi suatu kegiatan yang terbiasa.
Banyak sekali faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar atau prestasi belajar. Orangtua pun perlu untuk mengetahui apa saja faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar pada anak mereka, sehingga orangtua dapat mengenali penyebab dan pendukung anak dalam berprestasi. Berikut adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan:
FAKTOR DARI DALAM DIRI
Kesehatan
Intelegensi
Minat dan Motivasi
Cara belajar
FAKTOR DARI LINGKUNGAN
Hubungan Anak dan Keluarga
Tempat belajar yang kondusif
Pengajar yang berkualitas

Dari sekian banyak faktor yang harus diperhatikan, tentu tidak ada situasi 100% yang dapat dilakukan secara keseluruhan dan sempurna.Tetapi berusaha untuk memenuhinya sesempurna mungkin bukanlah faktor yang mustahil untuk dilakukan.
 Pendidikan non formal yang dilakukan secara personal atau biasa dengan istilah “les privat” dapat menjadi solusi untuk meningkatkan prestasi anak di sekolah. Alasannya adalah interaksi belajarantara anak dan pengajar dilakukan secara optimal, lingkungan belajar yang kondusif, orang tua dapat memperhatikan proses belajar yang dilakukan, waktu belajar yang disesuaikan dengan anak, dan lain sebagainya.