be well,
Dwika - Managing Consultant
Memperhatikan Kepuasan Pelanggan, Salah Satu Kunci Sukses Seorang Salesperson Oleh : Fanya Jodie | |
Salah satu kunci sukses seorang salesperson adalah apabila ia adalah seseorang yang customer oriented atau memperhatikan kepuasan pelanggannya. Mengapa seperti itu? Customer bukanlah seseorang yang bodoh, ia tahu kualitas seorang salesperson terkadang hanya dengan melihat atau mendengarnya berbicara saat menawarkan produk atau jasa. Banyak customer berpendapat bahwa seorang salesperson menjual barang atau jasa hanya untuk mendapatkan profit, karena itu tak jarang mereka tidak lama dalam memperpanjang masa konsumsi mereka terhadap produk atau jasa kita. Tetapi, jangan salah ! Beda sekali jika customer sudah menjalin hubungan yang baik dengan salesperson, biasanya mereka akan lebih mau untuk memperpanjang masa konsumsi atau bahkan melakukan repeat order serta mereferensikan barang dan jasa kita kepada yang lain. Banyak salesperson hanya mengejar keuntungan dan bahkan mereka sampai berpikir ya tidak masalah merugikan customer yang penting dia untung. Padahal salesperson sering lupa, kalau uang dan keuntungan mereka itu datang dari customer ! Semakin baik hubungan dengan customer, biasanya akan semakin sering repeat order akan didapatkan. Bahkan, semakin betah customer dengan pelayanan yang diberikan salesperson, maka akan semakin besar peluang untuk customer melakukan repeat order dan menjadi loyal kepada produk atau jasa yang kita pasarkan. Bahkan, customer kita itu adalah salah satu sarana kita untuk mendapatkan network baru untuk memasarkan produk atau jasa kita. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar seorang salesperson memiliki sifat customer oriented atau memperhatikan kepuasan pelanggan, antara lain :
Jadi, perhatikanlah kepuasan pelanggan dan miliki hubungan yang baik dengan pelanggan, karena merekalah yang akan mendatangkan uang dan keuntungan bagi kita. Happy selling ! (FJ / FJ / VBM) |
No comments:
Post a Comment