Search This Blog

Monday, March 21, 2011

Komunikasi antar tim kerja

Utamakan komunikasi antar tim kerja yang ada agar segala masalah, hambatan dan kemungkinan timbulnya resiko perusahaan sedini mungkin dapat dihindari sebelum menjadi besar dan tidak terkontrol, akibatnya kerugian bagi perusahaan.
be well,
Dwika - Managing Consultant




Pengaturan Karyawan Melalui Kendali Jarak Jauh
   Oleh : Melva Emsy Simalango

(Vibizmanagement - HR) - Disebabkan banyaknya kemajuan yang dirasakan dalam suatu perusahaan, sehingga membuat seorang atasan harus memimpin suatu tim dari  jarak jauh, maka diperlukan cara-cara tersendiri untuk dapat mengatur karyawan dalam lingkungan kerja jarak jauh.

6 Kunci untuk mengatur karyawan dalam lingkungan jarak jauh :
1.       Mengatur komunikasi agar lebih baik
Komunikasi dapat dilakukan dengan sesering mungkin baik berupa sms, email, telepon, fax dan sebagainya. Agar seluruh pekerjaan tidak ada yang terlewatkan
2.       Membangun penghormatan
Dalam saling menghormati antar atasan dan karyawan maka terjadi hubungan yang baik sehingga membuat rasa nyaman dalam bekerja dan memberikan yang terbaik dalam suatu pekerjaan
3.       Membangun budaya tim
Atasan dapat mengembangkan komunikasi antar tim dengan saling tolong menolong antar karyawan, menghidupkan kembali keberhasilan lampau dan pengalaman2.
4.       Menciptakan tanggung jawab melalui pengawasan diri
Mengajarkan seorang karyawan bagaimana memotivasi diri sendiri sehingga dapat bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dipercayakan.
5.       Pelatihan
Saran dan pelatihan berkesinambungan sangat penting untuk menjaga mereka tetap bekerja dengan optimal bagi perusahaan
6.       Mendisiplin dan konflik
Atasan harus dapat memecahkan konflik secepat mungkin khususnya bagi karyawan dalam lingkungan jarak jauh agar persoalan tidak menumbulkan kekacauan dalam pekerjaan.
 
Semakin luas tersebarnya jaringan perusahaan maka harus diusahakan pula usaha memperbaiki system komunikasi antar cabang tersebut misalnya dengan membuat group email dan jika memungkinkan menyediakan system komunikasi jarak jauh lainnya seperti tele-conference.  Dari seluruh tips diatas maka yang paling utama adalah komunikasi antar tim kerja yang ada agar segala masalah, hambatan dan kemungkinan timbulnya resiko perusahaan sedini mungkin dapat dihindari sebelum menjadi besar dan tidak terkontrol, akibatnya kerugian bagi perusahaan.
 
Salam sukses!  
 
(MV/IC/vbm)
Bookmark and Share
Thread yang berhubungan


COMMENT

No comments:

Post a Comment