Search This Blog

Tuesday, March 29, 2011

Sewaktu kamu bangkrut

Sewaktu kamu jatuh, sewaktu kamu rugi, sewaktu kamu bangkrut disitulah kamu mendapat pelajaran yang sangat berharga sebagai bekal untuk mewujudkan impianmu jadi pengusaha sukses.
be well,
Dwika - Managing Consultant



Chris John….nyonyor dipukuli

**www.joehartanto.com
Dalam sebuah sesi konsultasi dengan seorang anak muda berusia 19 tahun, sebut saja namanya Krisna, yang berlangsung di apartemen saya beberapa waktu yang lalu, terjadilah percakapan sebagai berikut :
Krisna : bang Joe, saya ingin sukses jadi pengusaha, jadi orang kaya, tapi saya takut gagal
Saya : kalo nggak mau gagal, ya nggak usah ngimpi sukses jadi pengusaha dan orang kaya!
Krisna : lho….maksud abang? (dengan wajah bingung sambil kedua tangannnya memegangi kepala)
Kebetulan Krisna adalah seorang atlit sepatu roda yang pernah berkali kali juara di daerah dan nasional, bahkan pernah dikirim mewakili Indonesia ke ajang internasional. Anak muda ini mempunyai keinginan sukses yang sangat kuat, tapi tidak ada yang membimbing, sudah menjadi anak yatim sejak usia 3 tahun, dan dia baru saja tinggal di Jakarta beberapa bulan sehingga wawasannya masih sangat minim. Ketika melihat Krisna, saya seakan melihat cerminan diri saya sewaktu seumuran dia, semangat sukses yang tinggi, ingin jadi pengusaha tapi tidak ada yang bisa mengarahkan jalan saya dengan jelas (karena ayah saya bukanlah seorang pengusaha). Dan saya sangat ingin dia bisa sukses, maka itu saya bersedia menyediakan waktu saya untuk membimbingnya secara pribadi.
Saya : Krisna, boleh saya tanya tentang karier sepatu rodamu?
Krisna : boleh dong bang…
Saya : sepanjang perjalananmu sejak kamu belajar sepatu roda di umur 11 tahun, sampai saat ini kamu masuk pelatda dan dikirim ke ajang internasional, apakah kamu pernah jatuh, lecet, benjut,benjol…. sampe mental mental dari sepatu roda?
Krisna : Tentu saja pernah dong bang, masa maen sepatu roda, nggak pernah jatuh
Saya : Berapa kali?
Krisna : wah ya….tak terhitung, puluhan bahkan ratusan kali mungkin.
Saya : sekarang saya bertanya tentang cabang olahraga yang lain, apakah menurutmu seorang juara dunia tinju Chris John, selama karier bertinjunya pernah nyonyor dipukuli, terpukul, jatuh, bengep, berdarah, benjol dan babak belur dipukuli oleh lawan tandingnya?
Krisna : ya pasti pernah dong…kalo petinju nggak mau bengep…nyonyor, ya jangan jadi petinju…
Saya : Ya sudah demikian juga, kalo mau jadi orang sukses, mau jadi pengusaha, tapi nggak mau gagal, takut rugi, takut bangkrut….ya nggak usah ngimpi jadi pengusaha sukses. Justru sewaktu kamu jatuh, sewaktu kamu rugi, sewaktu kamu bangkrut disitulah kamu mendapat pelajaran yang sangat berharga sebagai bekal untuk mewujudkan impianmu jadi pengusaha sukses. Pola kesuksesan itu sama di semua bidang kehidupan ini, tidak ada yang instan, semuanya harus melalui proses…..
Krisna : oh gitu ya? Bener juga ya…..
Beberapa hari kemudian, dia mengirimkan pesan singkatnya melalui BBM…… “Morning, bang Joe terima kasih banyak untuk saran dan bimbingannya, saya beruntung sekali bisa bertemu mentor seperti abang, besok saya akan kembali ke kota saya, doakan saya bisa jadi pengusaha sukses dan jadi orang kaya!”
Saat saya menuliskan artikel ini, Krisna sedang berada di kota asalnya, sedang menjajaki dan merintis pembukaan sebuah toko retail di sebuah kota kecil kabupaten di Jawa Tengah. Proficiat, Congrats …Krisna!! Semakin cepat take action, semakin cepat kesuksesan datang! Semoga semakin banyak Krisna Krisna lainnya di bumi Indonesia tercinta ini.

No comments:

Post a Comment