Search This Blog

Monday, March 28, 2011

Siapkan pengganti

Dalam dunia bisnis, akan muncul beberapa peristiwa yang mungkin Anda belum siap menghadapi seperti kayak supplier tutup dan tidak berjualan lagi. Anda harus flexible dan tidak tergantung dengan satu supplier saja. Siapkan pengganti di masa jaya Anda.
be well,
Dwika - Managing Consultant





Sifat2 yang harus dipunyai seorang bundapreneur

**bisnisbuatbunda.net

Hmm postingan kali ini mau membahas tentang sifat2 yang harus dipunyai seorang bundapreneur alias bunda yang punya bisnis atau usaha sendiri.
Klo bunda belum memiliki sifat2 ini, mungkin bisa dilatih ya buun.. Intinya sih tau kekurangan dan kelebihan bunda sendiri, jadi bunda bisa improve kekurangan bunda dan fokus di kelebihan bunda ;-)
Apakah itu? Yuk mari kita mulai
  • Senang bergaul atau senang bertemu teman2 baru. Mengapa? Karena semakin banyak jaringan pertemanan bunda, makin lebar peluang bunda untuk mendapatkan customer baru atau bahkan partner / mitra bisnis. Banyak teman, banyak rejeki katanya bun :-)
  • Diplomatis. Sifat ini diperlukan juika berhadapan dengan pelanggan atau supplier. Mungkin pelanggan butuh sesuatu yang bunda ga bisa sediakan. Bunda bisa menyampaikannya dengan diplomatis tanpa mengecewakan pelanggan ;-)
  • Planner. Merencanakan sesuatu membantu bunda untuk lebih terorganisir dalam bekerja. Trus dicatet juga apa yang kemudian ga bisa berjalan sesuai rencana dan penyebabnya. Juga bisa jadi panduan dikemudian hari, jadi ga kejadian dua kali gituh hehehe :-D
  • Percaya diri. Awal2 berbisnis mungkin masih belum terlalu pede ya bun, tapi bisa ditingkatkan kok dengan belajar cara ngomong yang baik dengan customer misalnya bisa membuat bunda jadi lebih pede berhadapan dengan customer. Yukk mari kita berpede ria. Pede aja lagi  bun :-D
  • Berani mengambil resiko. Karena bisnis ini punya bunda, makanya pengambil keputusan adalah bunda. Berani mengambil resiko itu perlu karena kesempatan mungkin ga akan datang dua kali. Sebelumnya tentu bunda sudah harus mengkaji apakah resiko yang mungkin akan timbul tsb dan bagaimana caranya untuk meminimalisir terjadinya resiko itu.
  • Flexible. Dalam dunia bisnis, akan muncul beberapa peristiwa yang mungkin bunda ga siap kayak supplier tiba2 tutup dan ga jualan lagi. Na bunda harus bisa flexible dan ga tergantung sama satu supplier aja.
  • Pekerja keras. Hmm kayaknya sifat ini diperlukan di semua bidang pekerjaan kan bun hihihi.. sifat ini sangat penting, karena maju atau ganya usaha bunda amat sangat tergantung pada kerja keras bunda.
  • Pemimpin yang baik. Selama ngantor pasti udah ketemu beberapa tipe bos kan bun? Bunda bisa liat dan rasakan sendiri bedanya bos yang baik dan bos yang ‘kurang’ baik. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa menjadi contoh buat para bawahannya dan bisa membawa perusahaan ke arah yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment