Search This Blog

Tuesday, March 22, 2011

Belajar dari kesalahan

Hendaknya Anda bisa belajar dari kesalahan – kesalahan Anda saat presentasi..
Kesalahan adalah fakta dalam hidup..Anda tidak boleh menjadi pribadi yang gagal saat presentasi..
be well,
Dwika - Managing Consultant 




Tips – Tips Desain Presentasi Rhenald Kasali

9-giving-a-presentation 
**mrdaniels.wordpress.com
Presentasi bagi mahasiswa, saya pikir sudah menjadi semacam garam pada sayur..Melalui presentasi kita berlatih untuk menyampaikan ide, gagasan, hasil pekerjaan, hingga ilmu keorang lain..Cara penyampaian kita melalui media presentasi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dan kegagalan presentasi atau juga menentukan menarik atau tidaknya presentasi yang disampaikan..

Saya sendiri pernah juga mengalami “pengalaman buruk” presentasi terutama dalam segi penyampaian materi..Bahkan saya sempat memiliki image bahwa presentasi yang saya sampaikan pasti paaaanjaaang..Dan hal itu memang benar, saya saat itu tidak pandai memilih – milih materi sehingga saya sampaikan semuanya, sehingga waktu seminar KP, total jumlah slide yang saya sampaikan hingga 50 slide!! Sudah begitu, slide tersebut saya jelaskan dengan penjelasan yang tidak kalah panjang…T_T Tentunya kritik terus mengalir ke saya terutama dari Dosen Pembimbing..Tapi untunglah, lambat laun saya mulai memperbaiki kesalahan saya tersebut..(Alhamdulilah waktu seminar TA, saya hanya menggunakan 14 slide…)

Sering saya melihat temen – temen yang saat presentasi kesannya hanya membaca slide saja..Tanpa bisa menjelaskan, atau kadang menjelaskannya tidak fokus alias ngelantur..Belum lagi media gambar dan tabel yang seringkali tidak “berbunyi” sehingga tambah membingungkan audience..

Kesalahan adalah fakta dalam hidup..Yang jelas kita tidak boleh menjadi pribadi yang gagal, salah satunya saat presentasi..Untuk itulah hendaknya kita bisa belajar dari kesalahan – kesalahan kita saat presentasi..Atau bagi temen – temen yang sudah merasa dapat melakukan berpresentasi dengan baik, mungkin dapat lebih ditingkatkan sehingga dapat lebih baik lagi..
Saya punya beberapa file download-an entah darimana saya lupa, mengenai tips – tips presentasi dari Om Rhenald Kasali, mulai dari merancang presentasi, memilih media presentasi, memilih kata – kata yang tepat untuk dipresentasikan, hingga pemilihan topik..Kalau bagi saya pribadi tips ini cukup berguna..Semoga juga dapat berguna untuk teman – teman…

No comments:

Post a Comment