Search This Blog

Monday, March 21, 2011

Memperjuangkan kepentingan konsumen

Kesuksesan seorang marketing ialah ketika ia mampu memperjuangkan kepentingan konsumen, memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan tempat dimana ia bekerja, dan juga bertanggung jawab untuk merawat dirinya dengan cara berpenampilan yang baik dan selalu rapi. 
be well,
Dwika - Managing Consultant




Beberapa Kunci Keberhasilan Seorang Marketing
Oleh : Fanya Jodie
(Vibizmanagement - Sales) - Seorang marketing pasti mau untuk mencapai keberhasilan di dalam memasarkan produk atau jasanya. Ketika seorang marketing berjalan untuk menjual produk atau jasanya, sudah pasti dia mengharapkan suatu keberhasilan alias closing yang banyak.  Mungkin seorang marketing sudah sangat bersemangat, dan bahkan tidak menyerah dalam memasarkan produk atau jasanya, tetapi semangat saja tidak cukup karena ada beberapa kunci yang wajib diketahui seorang marketing untuk mencapai keberhasilannya.

Beberapa kunci keberhasilan yang harus diketahui dan dimiliki seorang marketing adalah :

Sifat optimis

Sifat optimis berarti jangan takut jika hendak melakukan prospek, tetap bersifat positive thinking dan juga tetap yakin bahwa produk atau jasa yang dijualnya pasti akan menemukan pembeli yang tepat. Sekali dicoba gagal, coba dua kali. Dua kali gagal, coba tiga kali, dan seterusnya sampai menemukan pembeli yang tepat dan mencapai closing yang diharapkan. Seorang marketing PANTANG bersikap mudah menyerah dan patah semangat.

Good attitude

Seorang marketing harus memiliki perilaku yang baik dan terpuji. Jangan pernah menunjukkan muka masam di depan klien, atau jangan pernah berkata-kata kasar atau menunjukkan kekesalan baik ketika bertatap muka dengan klien maupun berbicara melalui telepon. Seorang marketing selalu harus bisa tersenyum dan memperlakukan klien dengan baik meskipun bisa jadi klien tersebut bersikap menyebalkan dan membuat kita kesal.

Sabar dan rendah hati

Ya Pak/Bu, sabar ya Pak/Bu, kita akan usahakan...mungkin kata-kata itu sering Anda dengar meluncur dari seorang marketing. Ya, kata-kata tersebut merupakan kata-kata yang harus diucapkan marketing jika klien mengajukan keluhan. Sepedas apapun keluhan yang dilontarkan klien, seorang marketing harus bisa sabar dan rendah hati, serta tidak menunjukkan sikap sombong dihadapan siapapun. Karena ingat, kita butuh uang dari klien kita, jadi jika terlihat sombong, maka akan sulit sekali mendapatkan closing yang diharapkan.

Bisa menyesuaikan diri

Seorang marketing harus bisa beradaptasi dengan baik dan menyesuaikan diri berdasarkan situasi yang ada. Dia harus bisa menempatkan diri dan juga mengenali karakter klien, serta memperlakukan kliennya sesuai dengan karakter klien tersebut. Seorang marketing bisa bersikap luwes dan juga bisa berkomunikasi dengan siapa saja.

Komitmen

Seorang marketing yang sukses memiliki komitmen yang kuat terhadap perusahaan tempat dimana dia bekerja. Dia memiliki usaha dan komitmen untuk mencapai target yang diberikan perusahaan tanpa rasa mengeluh, bahkan mau untuk memberikan lebih dari target yang telah diberikan kepadanya.

Tanggung jawab

Seorang marketing bertanggung jawab terhadap kesejahteraan konsumen, perusahaan, dan juga penampilannya. Kesuksesan seorang marketing ialah ketika ia mampu memperjuangkan kepentingan konsumen, memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan tempat dimana ia bekerja, dan juga bertanggung jawab untuk merawat dirinya dengan cara berpenampilan yang baik dan selalu rapi. Seorang marketing yang baik bukanlah seorang yang hanya mengejar sukses semata dengan cara menipu konsumen atau melakukan cara yang tidak baik hanya demi uang. Tetapi seorang marketing yang baik sudah pasti bertanggung jawab atas kesejahteraan konsumen, perusahaan tempatnya bekerja, dan juga kerapihan dari penampilannya.

Berani berkorban

Seorang marketing yang baik harus berani berkorban untuk kesejahteraan konsumen. Ia tidak mau menjual produk atau jasa jika hal tersebut menipu atau merugikan konsumen. Ia juga berani melakukan segala cara yang positif agar mendapatkan keuntungan dengan cara-cara yang lurus.

Disiplin

Seorang marketing yang disiplin sangat disiplin terhadap waktu. Baginya, setiap waktu adalah kesempatan untuk mendapatkan closing yang diharapkan. Ia tidak akan menyia-nyiakan waktunya dan akan selalu memanfaatkan semua waktu yang dimilikinya untuk bekerja memasarkan produk atau jasa yang dipercayakan kepadanya.

Semangat

Seorang marketing yang baik selalu bersemangat dan pantang patah semangat di dalam hidup. Bagi seorang marketing, dalam menjual produk dan jasa harus selalu bersemangat dan jangan pernah merasa lelah, karena semangat adalah pendorong yang kuat di dalam mencapai keberhasilan.

So, jangan lupa untuk memahami kunci keberhasilan bagi seorang marketing...happy selling!!

 


(FJ / FJ / VBM)

No comments:

Post a Comment