Search This Blog

Saturday, March 12, 2011

Bisnisnya menjadi hidupnya

Seorang pengusaha sukses mencintai pekerjaannya dan menikmati apa yang dia lakukan. Dia tidak akan sukses jika ia tidak menikmati bisnisnya. Di sisi lain, ia tidak membuat bisnisnya menjadi hidupnya. Dia tahu bagaimana untuk beristirahat sesekali untuk menikmati hidup itu sendiri.
 be well,
Dwika - Managing Consultant


Entrepeneur I, Sifat dari Pengusaha Sukses


Sifat Pengusaha SuksesPernahkah Anda bertanya-tanya mengapa beberapa pengusaha sukses dan mengapa beberapa tidak? Apakah Anda pernah berpikir hal apa yang membuat pengusaha menjadi yang terbaik di bidang yang dipilih?
Untuk beberapa orang yang beruntung, menjalankan usaha mungkin sudah mendarah daging dalam diri mereka tetapi untuk orang yang biasa untuk memulai bisnis sendiri, mempelajari sifat dan prinsip-prinsip kewirausahaan adalah suatu keharusan. Namun, ini tidak berarti bahwa seorang individu yang ingin menjadi seorang pengusaha harus memiliki latar belakang dari keluarga  pebisnis atau memiliki bakat super yang dibawa sejak lahir.
Apakah Anda sadar tentang hal itu atau tidak, kesuksesan dan kegagalan selalu bergantung pada pengusaha. Anda ingin tahu apa itu? Berikut adalah ciri-ciri pengusaha sukses:
Berorientasi pada tujuan
Apakah itu jangka pendek atau jangka panjang, pengusaha sukses tidak pernah lupa untuk menetapkan tujuan.  Sifat ini dapat dikembangkan pada usia yang sangat muda. Sebagai contoh, seorang anak menetapkan tujuan akademik untuk dirinya sendiri atau menetapkan jangka waktu tertentu untuk mencapai sesuatu. Katakanlah, misalnya, orang tua anak tidak mampu membelikan mainan yang ia inginkan. Dia akan mencoba untuk mendapatkan mainan ini dengan menyimpan uang atau menghasilkan uang untuk dirinya sendiri. Ketika ia besar nanti, ia membawa sifat ini dalam berbisnis. Anak seperti ini lebih mungkin untuk menjadi sukses karena dia tahu bagaimana mendapatkan hal-hal tertentu yang dia inginkan. Tapi itu tidak berhenti di situ, pengusaha sukses tahu bagaimana untuk merevisi atau menulis ulang tujuan setiap kali ia berpikir bahwa ada sesuatu yang perlu diubah.
Mencari Peluang
Seorang pengusaha tahu cara mencari peluang. Ini mungkin menjadi kesempatan untuk mendapatkan lebih lanjut atau untuk belajar lebih lanjut. Dia tidak akan menyelesaikan pada hal-hal yang ada di sekelilingnya. Dia tahu bagaimana menemukan peluang yang mungkin tidak terlihat bagi kebanyakan orang.
Mengambil keuntungan dari kesempatan
Sekali ia telah menemukan peluang, dia tahu bagaimana mengambil keuntungan dari mereka. Tapi itu tidak berarti bahwa ia akan menjadi impulsif dia tahu bagaimana mengidentifikasi apa jenis kesempatan yang akan memberinya manfaat. Dia akan bertanya pada dirinya sendiri pertanyaan-pertanyaan seperti ini: Apakah hal itu membawa hal lebih baik atau bahaya? Apakah itu sepadan dengan waktu dan uang yang akan dikorbankan? Apakah hal ini akan dapat membantu saya mencapai tujuan saya?
Tahu kekuatan dan kelemahan
Sifat yang baik dari seorang pengusaha sukses yang lain adalah mengetahui kekuatan dan kelemahan. Jenis sifat akan memungkinkan dia untuk menentukan batas dan tahu bagaimana untuk memperpanjang batas kemampuannya. Dia tahu batas tapi tahu bagaimana menjaga batas berkembang. Seorang individu yang tidak tahu kekuatan dan kelemahan adalah seperti orang yang menghadapi cermin tanpa jelas melihat wajahnya. Seorang pengusaha sukses melihat wajahnya dengan jelas di cermin dan mengakui ketidaksempurnaan itu. Dia kemudian akan memoles ketidaksempurnaan dan rahasia mereka untuk sesuatu yang bermanfaat bagi dia karena pengusaha sukses tidak hanya tahu kekuatan dan kelemahan, dia juga mengakui ini sebagai bagian dari kepribadiannya.
Selalu ingin menjadi yang terbaik
Seorang pengusaha sukses tidak puas dengan dengan menjadi nomor dua. Dia selalu menemukan cara bagaimana menjadi yang terbaik dalam keahliannya. Dengan bantuan pengakuan tentang kekuatan dan kelemahan, dia akan mencapai apa yang orang lain mungkin tidak bisa capai. Ia memiliki perhatian tertentu terhadap detail dan kualitas. Dia akan sebanyak mungkin memperlakukan semua pelanggan sama.
Menikmati apa yang dia lakukan dan tahu bagaimana bersenang senang
Seorang pengusaha sukses mencintai pekerjaannya dan menikmati apa yang dia lakukan. Dia tidak akan sukses jika ia tidak menikmati bisnisnya. Di sisi lain, ia tidak membuat bisnisnya menjadi hidupnya. Dia tahu bagaimana untuk beristirahat sesekali untuk menikmati hidup itu sendiri.
Tahu kapan perlu untuk mendapatkan bantuan
Seorang pengusaha sukses mengakui bahwa ia tidak bisa melakukan beberapa hal sendiri. Dia tahu bahwa ia membutuhkan orang lain. Dia tahu dan menghormati pandangan lain mengenai hal-hal tentang bisnisnya. Mereka melakukan ini untuk meminimalkan risiko melakukan kesalahan. Dia tahu tipe orang yang tepat untuk pekerjaan itu.
Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment